Pemprov Sulsel Kurangi Jumlah Pejabat, Ini Daftar OPD Bakal 'Hilang'

Dalam penataan birokrasi ini, dipastikan akan ada organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan dihapus dan dilebur ke OPD yang ada.

Pemprov Sulsel Kurangi Jumlah Pejabat, Ini Daftar OPD Bakal 'Hilang'
saldy/tribuntimur.com
Kepala Biro Ortala Sulsel Syamsu Rizal Syam. 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sedang konsentrasi, melakukan penataan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang bersih, profesional, efesien dan efektif.

Dalam penataan birokrasi ini, dipastikan akan ada organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan dihapus dan dilebur ke OPD yang ada.

Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Sulsel, Syamsu Rizal Syam mengatakan saat ini kondisi pemerintahan di Pemprov Sulsel diyakini tidak lagi efisien.

Hal tersebut berdampak buruk bagi pelayanan dan realisasi program pemerintah, baik yang digagas langsung Pemprov Sulsel ataupun program nasional.

Jadwal Imsakiyah 19 Ramadhan 1440 H/Jumat 24 Mei 2019 di Makassar, Jakarta, Surabaya dan Kota Lainya

KDRT, Staf Bawaslu Sulsel Dijebloskan ke Sel Polres Gowa

Ia menjelaskan pemerintah itu harus memiliki visi efisien dan efektif. Meski pemerintahan itu telah efisien tapi tidak efektif itu merugikan negara dalam hal pemanfaatan anggaran.

"Alasan reformasi birokrasi ini juga karena pemerintah mulai mengefesiensikan perjalanan dinas pejabat. Sebagai pejabat pemerintah, tentu memiliki anggaran khusus untuk melakukan perjalanan dinas keluar kota," katanya.

"Namun disisi lain, jika jumlah para pejabat ini banyak dan bersamaan melakukan perjalanan dinas tentu itu membebani anggaran daerah," kata mantan Sekkot Palopo tersebut.

Tak hanya peleburan organisasi, dalam reformasi birokrasi nanti Pemprov juga akan memiliki OPD baru, salah satunya Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

Sesuai dengan PP 18 tahun 2016 dan Permendagri nomor 99 tahun 2018, organisasi pemerintahan melakukan reformasi birokrasi demi pemerintahan yang efisien dan efektif.

Lanjut dia, meski dilakukan penataan reformasi birokrasi, anggaran Pemprov Sulsel tidak berubah, dan pungsi tetap ada.

Halaman
123
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved