BPK Serahkan Hasil Pemeriksaan LKPD Kabupaten Mamasa, Ini Hasilnya

Pemerintah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

BPK Serahkan Hasil Pemeriksaan LKPD Kabupaten Mamasa, Ini Hasilnya
TRIBUN TIMUR/SEMUEL MASAKARAENG
Penyerahan hasil pemeriksaan LKPD Kabupaten Mamasa oleh BPK Sulbar, Rabu (22/5/2019). 

TRIBUNMAMASA.COM, MAMUJU - Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar).

Pemberian WTP oleh BPK berdasarkan hasil pemeriksaan Laporang Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Mamasa Tahun Anggaran 2018.

Pemberian opini WTP terhadap Pemda Mamasa disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Sulbar Eydu Oktain Panjaitan pada penyerahan laporan hasil pemeriksaan yang berlangsung di kantor BPK Sulbar, Mamuju Rabu (22/5/2019) siang.

Baca: Pemda Mamasa Raih Opini WTP, Begini Harapan MPI KNPI Mamasa Ernesto Randan

Baca: Hadiri Peringatan Nuzulul Quran, Begini Harapan Sekda Mamasa

Baca: PNS Mamasa Segera Terima THR, Berikut Jadwal Pencairan

Pemberian WTP ini merupakan kali keempat yang diterima oleh Pemda Kabupaten Mamasa secara berturut-turut, mulai dari laporan keuangan tahun Anggaran 2015 sampai tahun 2018.

Kepala Perwakilan BPK RI Sulbar Eydu Oktain Panjaitan mengatakan, pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari konstitusional BPK, dan sebagai rangkaian akhir dari proses pemeriksaan.

Kata dia, Pasal 17 Undang-undang nomor 15 tahun 2004 memgamanatkan kepada BPK menyerahkan LHP kepada lembaga perwakilan dan pimpinan entitas sesuai kewenangannya.

"Berdsarkan pemeriksaan yang telah dilakukan, BPK memberikan oipini wajar tanpa pengecualian," katanya.

Pemberian opini ini lanjut dia, didasari pada empat kriteria, yakni Kesesuaian penyajian laporan keuangan dangan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan informasi laporan keuangan, efektivits sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Bupati Mamasa H Ramlan Badawi mengatakan, prestasi yang diraih Mamasa sebanyak 4 kali WTP tidak terlepas dari kerja sama yang baik oleh seluruh OPD lingkup pemerintahan Kabupaten Mamasa.

Meski kata dia, BPK masih memberikan catatan-catatan untuk perbaikan demi peningkatan pengelolaan keuangan daerah di Mamasa.

Halaman
12
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved