Antisipasi Lonjakan Harga Sembako Jelang Lebaran, Ombudsman Gelar Inpeksi Pasar

Hal itu dilakukan guna mengantispasi kelangkaan stok dan lonjakan harga selama Ramadhan, khususnya menjelang idul Fitri mendatang.

Antisipasi Lonjakan Harga Sembako Jelang Lebaran, Ombudsman Gelar Inpeksi Pasar
nurwahidah/tribunselayar
Santi menyusun sembako miliknya di Pasar TPI, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Ombudsman RI Sulawesi Selatan meminta kepada pemerintah mewaspadai praktik penimbunan barang, terutama bahan pangan.

Hal itu dilakukan guna mengantispasi kelangkaan stok dan lonjakan harga selama Ramadhan, khususnya menjelang idul Fitri mendatang.

Kepala Ombudsman RI Sulsel, Subhan Djoer menyampaikan selain meminta kepada pemerintah, tim Ombudsman juga telah melakukan Inspeksi harga sembako di Pasar.

Empat Kali Berturut-turut Pemkab Bone Raih WTP

 Ciri-ciri Pembawa Dua Tas Mencurigakan di Masjid Tua Katangka Gowa

Inpeksi ini digelar  di Dua pasar Rakyat di Kota Makassar,  yakni Pasar pabaeng-baeng dan Pasar Terong.

Tujuanya untuk mengecek kesiapan Pemerintah dalam menjamin ketersediaan  barang dan mengendalikan harga bahan pokok, selama Ramadhan sampai menjelang Idulfitri nanti.

Apalagi beberapa hari terakhir beredar Informasi yang viral, dimana masyarakat mengeluhkan harga Bawang putih dan Bawang merah meroket tajam dan membebani anggaran belanja masyarakat.

"Tujuan giat ini adalah untuk mengetahui secara langsung harga sembako yang berdampak pada daya beli masyarakat  selama ramadhan khususnya menjelang hari raya idul fitri," kata Subhan, Senin (20/05/2019), malam.

Berdasarkan hasil pantauan di dua titik pasar Tradisional secara umum harga stabil dan tidak mengalami kenaikan kecuali dua komoditi tadi yakni Bawang merah dan bawang putih.

"Dugaan kami sementara ada info yg sengaja dihembuskan ke pedagang pasar dan masyarakat bahwa komoditi itu langka. Maka tindakan psikologisnya Pengepul bawang menahan barangnya untuk dilempar ke pasar, akibatnya barang menjadi langka di pasar dan dapat dipastikan harga juga naik,” ujar Subhan.

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Begini Kata Akademisi Unhas

Adapun Temuan Tim Inspeksi Ombudsman adalah Harga-harga yg cenderung turun utamanya bawang putih  cabai,  dan daging ayam.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved