Bapenda Enrekang Bakal Terapkan Pembayaran dan Pungutan Pajak Online di Hotel

Bapenda Enrekang, juga menggandeng Bank Sulselbar dan juga difasilitas oleh KPK untuk membantu penerapan sistem.

Bapenda Enrekang Bakal Terapkan Pembayaran dan Pungutan Pajak Online di Hotel
Muh Asiz Albar
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Enrekang, Haleng Lajju saat berkoordinasi dengan pihak Bank Sulselbar terkait penerapan pembayaran pajak sistem online. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Enrekang, bakal menerapkan sistem pembayaran dan pungutan pajak daerah secara online di hotel dan restaurant atau cafe.

Bapenda Enrekang, juga menggandeng Bank Sulselbar dan juga difasilitas oleh KPK untuk membantu penerapan sistem.

Lawan Petugas, Tim Resmob Polres Bone Lumpuhkan Pencuri Sapi di Kahu

Ketua MUI Mamuju Tegaskan Tak Perlu Ada Gerakan People Power

Kepala Bapenda Enrekang, Haleng Lajju mengatakan, untuk tahap awal penerapan, pembayaran pajak sistem online tersebut mengambil lima rumah makan dan restaurant sebagai sampel.

"Kita pilih yang agak besar dan ramai, khususnya dalam hal omset. Kalau hasilnya memang lebih besar dari biaya operasionalnya' maka kita bisa terapkan secara massif," kata Haleng Lajju, Minggu (19/5/2019) siang.

Ia menjelaskan, pihak Bank Sulselbar akan mensuplai alat dan aplikasi yang bakal dipasang di hotel atau restaurant.

Apabila alat telah terpasang, maka akan terkoneksi antara objek pajak dalam hal ini restaurant, dengan Bank Sulselbar, dan Bapenda.

Maka nantinya ketika konsumen melakukan pembayaran, maka akan langsung muncul jumlah pajak yang akan dibayarkan oleh konsumen di rumah makan, hotel atau kafe tersebut.

"Jadi nanti langsung ditau pemasukan pajak dari warung makan ini segini jumlahnya. Yang jelas penerapan sistem ini menyasar konsumen, itu memang ada aturannya di undang-undang yaitu pajak PPN dan PPH 10 persen untuk konsumen," ujarnya.

Ia menambahkan, penerapan sistem online tersebut adalah salah satu upaya optimalisasi pendapatan daerah dari pajak makanan dan minuman.

Saat mahasiswa Sastra Indonesia (Sasindo) UNM nonton bareng (Nobar) di XXI Panakukang Jl Boulevard, Sabtu (18/5/2019) malam.
Saat mahasiswa Sastra Indonesia (Sasindo) UNM nonton bareng (Nobar) di XXI Panakukang Jl Boulevard, Sabtu (18/5/2019) malam. (Nur Fajriani/Tribun Timur)

"Semoga lancar sehingga dapat penghasilan PAD yang tinggi. Jadi fokus ke konsumen untuk penyedia jasa dan layanan, cuma pengusaha itu fungsinya memungut pajak," tuturnya.

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved