BI Sulbar Siapkan Uang Rp 1,5 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 1440 H

"Ini meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya, yang dimana penukaran uang terjadi di Sulbar sebesar Rp 909 miliar,"ujarnya.

BI Sulbar Siapkan Uang Rp 1,5 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 1440 H
nurhadi/tribunmamuju.com
Press Conference Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Barat tentang persediaan uang periode Ramadan dan Idulfitri 1440 H di KPw BI Sulawesi Barat Jl AP Pettarani, Kelurahan Binanga, Mamuju. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulbar, siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai pada periode Ramadan dan Idulfitri 1440 H atau 2019 M.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Barat Dadal Angkoro mengatakan, berdasarkan data histori dari tahun ke tahun, pada periode Ramadan dan Idulfitri selalu terjadi lonjakan permintaan akan kebutuhan uang tunai masyarakat.

"Lonjakan ini terjadi karena tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan sehari-hari, dalam merayakan Ramadan dan tahun baru. Makanya tahun ini kita siapkan Rp 1,5 triliun untuk penukaran," kata Dadal kepada wartawan di Mamuju.

Dadal menambahkan, tradisi memberikan uang kepada sanak keluarga turut mendorong peningkatan penukaran uang baru di perbankan.

 Datangi Bawaslu Sulsel, Pengunjukrasa Cari Arumahi

TRIBUNWIKI - Ramadan Pertama Bersama Anak, Yuk Simak Perjalanan Karier Raisa Andriana

Sehingga pihaknya selalu melakukan estimasi kebutuhan uang tunai dan tahun ini diperkirakan mencapai Rp 950 miliar.

"Ini meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya, yang dimana penukaran uang terjadi di Sulbar sebesar Rp 909 miliar,"ujarnya.

Dikatakan, mengantisipasi kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN dan beroperasinya pusat perbelanjaan Mall Mtos yang diperkirakan menjadi opsi peningkatan kebutuhan uang rupiah dibelanjakan masyarakat.

Dadal juga menyampaikan,,ada lima strategi pelayanan akan dilakukan selama bulan ramadan dan Idulfitri, diantaranya BI menyediakan uang sebesar Rp 1,5 triliun, kedua BI Sulbar akan mengoptimalkan distribusi uang melalui layanan kas titipan di Polman dan Pasangkayu.

"Dengan strategi ini diharapkan kebutuhan masyarakat di wilayah Polman dan Pasangkayu dapat terpenuhi melalui kas titipan,"kata Dadal.

Lanjut Dadal, strategi ketiga BI Sulbar bekerjasama dengan 12 perbankan untuk menyediakan layanan penukaran uang tunai, sehingga masyarakat bisa mendatangi 44 titik kantor perbankan yang tersebar di Sulbar.

Halaman
123
Penulis: Nurhadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved