Bawaslu Luwu Timur Tak Dapat Tindaklanjuti Dugaan Politik Uang Ober Dette

Ober Datte adalah caleg Dapil IV Nuha, Towuti dan Wasuponda yang terpilih dengan meraup 4.000 suara. Ia hampir pasti mengamankan satu kursi di DPRD

Ivan/Tribun Timur
Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur ogah menindaklanjuti laporan dugaan money politik dari caleg PDIP, Ober Datte pada Pemilu 2019.

Ober Datte adalah caleg Dapil IV Nuha, Towuti dan Wasuponda yang terpilih dengan meraup 4.000 suara. Ia hampir pasti mengamankan satu kursi di DPRD Luwu Timur.

Prabowo Tolak Hasil Pemilu 2019 dan Ogah Lapor ke MK, Jokowi: Negara Kita Ini Aturan Mainnya Jelas

Inilah Wajah Wanita yang Dimutilasi di Gedung Matahari Pasar Besar, Lalu Apa Motif Pelaku Memotong?

"Terhenti di sidik, karena itu uang yang diberikan, ternyata uang panjar tukang," kata Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja kepada TribunLutim.com, Kamis (16/5/2019).

Rahman berdalih hasil wawancaranya terhadap pelapor dan saksi, uang yang diserahkan adalah uang tukang. Sehingga laporan tidak ditindaklanjuti karena laporan tidak memenuhi unsur-unsur tindak pidana pemilu.

"Itu yang terima uang mengatakan bahwa bersangkutan terima uang itu adalah uang tukang," imbuh Rahman.

Diberitakan, kasus dugaan politik uang Ober Datte mencuat pasca dilaporkan Aswin Lakinende ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur pada Senin 15 April 2019 atau dua hari jelang Pemilu 17 April 2019.

Dalam laporan tersebut, Aswin melaporkan Harlius Langgede. Harlius diduga tim sukses Ober Datte yang membagikan uang ke calon pemilih saat itu.

Harlius membagikan amplop berisi Rp 500 ribu di rumah Alfius yang melaksanakan syukuran di Dusun Koropansu, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda, Sabtu 13 April 2019 siang.

Kebetulan, adik Aswin bernama Aldrin yang juga diberi amplop oleh Harlius. Usai Aldrin diberi amplop, Harlius langsung pergi.

"Harlius ini timmnya Ober Datte. Iya memang. Keluargaji juga sebenarnya," kata pelapor, Aswin kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

"Dia (Aldrin) dikasih uang sementara masak daging. Dan (Harlius) langsung pergi. Begitu pengakuan adik saya," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Syamsul Bahri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved