Ada Oknum Tambahkan Suara Caleg Nasdem DPR RI ?

Vonis itu dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar yang dipimpin langsung, Bambang Nurcahyono, dan dibantu dua hakim anggota lainnya

Ada Oknum Tambahkan Suara Caleg Nasdem DPR RI ?
hasim arfah/tribun-timur.com
Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (15/5/2019) 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar masih belum menyelesaikan rekapitulasi tingkat kota di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (15/5/2019). 
Padahal, hari ini masa perpanjangan terakhir dari KPU Republik Indonesia. 
Bawaslu menemukan adanya pergeseran di dalam internal partai politik. 
"Kami juga telah di deadline oleh KPU RI untuk harus selesai tingkat provinsi agar dibawa ke Jakarta. Kalau tidak dimonitor, jangka waktu tiga hari yang diberikan oleh KPU RI bisa dilampaui," kata Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi. 
Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menemukan sejumlah pergeseran suara calon anggota legislatif (caleg) pada proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. 
Pergeseran tersebut terungkap pada lanjutan rapat pleno rekapitulasi tingkat kota, di Grand Asia, Rabu (15/5).
Ketua Bawaslu Makassar Nursari mengungkapkan, pergeseran suara ditemukan saat proses koreksi atau membandingkan data rekapitulasi tingkat kelurahan DAA1 dengan data tingkat kecamatan DA1. 
Saat naik ke tingkat kecamatan, ada suara caleg yang bertambah maupun berkurang. Pergeseran diduga dilakukan oknum tak bertanggung jawab.
“Setelah kita kroscek dan sesuaikan plano DAA1 dan DA1 memang ada ketidaksesuaian. Dari awal kita rekomendasikan untuk segera dibuka planonya, karena kami anggap plano ini sumber data akurat terkait perolehan suara di TPS,” kata Nursari. 
Nursari mengatakan, hasil suara yang tidak sesuai ditemukan di beberapa kecamatan di Makassar. Temuan untuk jenis pemilihan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota. 
“Setelah kita buka, ada selisih. Di DPR RI ada sekitar 400 suara lebih. Di Provinsi 100 lebih. Di Kota belum dihitung, tapi kita lihat ada delapan partai di situ,” ucap Nursari.
Pada proses rekapitulasi, terlihat bahwa sejumlah caleg mengalami pergeseran suara. Salah satunya caleg Nasdem untuk DPR RI, Aura Aulia Imandara pada Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate. 
Pada wilayah tersebut, menurut Plano DAA1, Aura mendapatkan 69 suara. 
Namun, tingkat DA1 suaranya bertambah menjadi 479. Sedangkan untuk tingkat Makassar hingga kini rekapitulasi belum rampung.(*)

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

 

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved