Tipu Calon Jamaah Umrah, Pemilik Travel Ini Dituntut Tiga Tahun Penjara

"Tuntutanya yakni 3 tahun penjara. Tidak ada denda ataupun uang pengganti," kata JPU Adrian Dwi Saputra saat usai persidangan, siang.

Tipu Calon Jamaah Umrah, Pemilik Travel Ini Dituntut Tiga Tahun Penjara
hasan/tribun-timur.com
Suasana persidangan kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang 24 jamaah umrah di Sulsel. Terdakwa merupakan pemilik Travel PT NKM Pro, Nugrahyanti 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemilik Travel PT NKM Pro, Nugrahyanti dituntut tiga tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), di Pengadilan Negeri Makassar; Senin (13/05/2019), siang.

Perempuan ini dianggap terbukti melakukan penipuan dan penggelapan uang  24 jamaah umrah di Sulsel, senilai ratusan juta.

"Tuntutanya yakni 3 tahun penjara. Tidak ada denda ataupun uang pengganti," kata JPU Adrian Dwi Saputra saat usai persidangan, siang.

 Yamaha Nmax Club Indonesia Bagi Ratusan Paket Pabuka ke Pengguna Jalan di Maros

 Tamsil Linrung Raih Suara Tertinggi di Makassar, Berikut Suara Calon DPD Lainnya

Dalam tuntutanya terdakwa dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan memakai nama palsu, dengan tipu muslihat atau rangkaian kebohongan.

Serta menggerakan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya atau supaya memberi utang atau menghapus piutang.

Setelah pembacaan tuntutan, selanjutnya Pengadilan Negeri Makassar memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk membacakan pledoi pada sidang pekan depan.

Perusahaan biro perjalanan haji dan umrah milik terdakwa berkantr di Jl.Chairil Anwar No.28  Kota Makassar .

Dalam dakwaan JPU, Nugrahyanti yang menjabat sebagai Direktur PT.NKM Pro, usai launchin pada 2017 menawarkan kepada korban  dengan subsidi sangat besar.

Kecelakaan di Pala- Pala, Satu Pelajar Makale Meninggal

Setiap jamaah diberikan subsidi dari Rp 14 .500.000 menjadi Rp 10 juta. Saksi Silvia mengaku mendaftarkan sekitar 17 orang jamaah kepada PT NKM, dan uangnya kemudian disetor ke rekening terdakwa.

Seluruh karyawan lalu  disuruh cari calon jamaah dan dijanji akan diberika  fee Rp 500 ribu setiap calon jamaah.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved