Mulai 1 Mei Pengguna BPJS Kesehatan Tak Dilayani di RSUD Siwa

Diketahui, program kesehatan gratis tersebut merupakan salah satu dari 25 program kerja Bupati dan Wakil Bupati Wajo periode 2019-2024 yang dicanangka

Mulai 1 Mei Pengguna BPJS Kesehatan Tak Dilayani di RSUD Siwa
Hardiansyah Abdi Gunawan/Tribun Timur
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa. 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPSJ) Kesehatan tidak dapat dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa mulai 1 Mei 2019 lalu.

Padahal 16 April 2019 lalu, pemerintah Kabupaten Wajo telah menyerahkan iuran BPJS gratis kepada masyarakat tidak mampu.

Baca: Malam Ini, Ketua Tanfidziyah PWNU Sulsel Dijadwalkan Bawa Ceramah Tarwih di AL Markaz

Baca: Melaju Piala AFC, Ini Jadwal PSM di Liga 1 Bakal Diundur

Saat itu, Bupati Wajo, Amran Mahmud menyebutkan, dari 372.512 masyarakat Kabupaten Wajo, sudah ada 298.412 jiwa yang terdaftar BPJS.

"Sisanya akan terselesaikan, Insya Allah tahun depan," katanya, waktu itu.

Selain itu, Amran Mahmud menginginkan, dengan terprogramkannya kesehatan gratis, pelayanan kesehatan pun juga perlu ditingkatkan.

Sayangnya, 298.412 atau 80% masyarakat Kabupaten Wajo yang tak bisa menggunakan BPJS di RSUD Siwa. Belum lagi pasien dari daerah lain.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa. (Hardiansyah Abdi Gunawan/Tribun Timur)

Diketahui, program kesehatan gratis tersebut merupakan salah satu dari 25 program kerja Bupati dan Wakil Bupati Wajo periode 2019-2024 yang dicanangkannya.

Sementara, Direktur RSUD Siwa, drg. Armin angkat bicara terkait tak dilayaninya peserta BPJS di rumah sakit yang terletak di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo tersebut.

"Ini terjadi karena adanya pemutusan sementara kerjasama antara RSUD Siwa dengan BPJS Kesehatan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/5/2019).

Lebih lanjut, dirnya menyebutkan, bukan cuma RSUD Siwa yang untuk sementara tak melayani pasien BPJS, tapi ada sekitar 269 rumah sakit di Indonesia yang mengalami hal serupa.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved