Cuaca Ekstrem Ancam Warga Sinjai Hingga Juni

Bupati Sinjai menetapkan Sinjai sebagai status siaga satu karena saat ini hingga Juni, Sinjai diperkirakan akan memasuki puncak musim hujan.

Cuaca Ekstrem Ancam Warga Sinjai Hingga Juni
samba/tribunsinjai.com
Longsor Sinjai 

TRIBUNSINJAI.COM, TRIBUN TIMUR.COM - Cuaca ekstrem kerap melanda wilayah Kabupaten Sinjai saat ini. Cuaca ekstrem tersebut berupa hujan deras dan berpotensi mengakibatkan banjir.

Oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai sudah menetapkan status siaga bencana alam sejak April hingga Juni tahun 2019 ini.

Baca: Intip Mushola Baru Stadion Mattoanging di Area Tribun Utama

Baca: Waspada! Virus Langka Monkeypox Terjadi di Singapura, Berikut Gejalanya

Bupati Sinjai menetapkan Sinjai sebagai status siaga satu karena saat ini hingga Juni, Sinjai diperkirakan akan memasuki puncak musim hujan.

Dasar penetapan status siaga bencana alam berdasarkan surat Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar melalui suratnya nomor UM.501/142/KBBIV/III/2019, perihal Waspada Cuaca Ekstrim berupa potensi banjir, tanah longsor dan angin kencang disertai petir dan badai guntur di Kabupaten Sinjai disebabkan oleh cuaca ekstrim hingga 30 Juni.

Penatapan status siaga bencana itu tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Sinjai Nomor 328Tahun 2019 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah longsor, dan Angin Kencang di Kabupaten Sinjai Tahun 2019.

Menurut analisis BMKG, cuaca ekstrim yang turut melanda Kabupaten Sinjai dalam beberapa bulan terakhir, diprediksi dan berpotensi terjadi hinggga memasuki puncak musim hujan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2019.

" Atas informasi dari BMKG Makassar maka, maka kami himbau warga untuk siaga karena cuaca ekstrem bisa mengancam keselamatan warga," kata Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa, Jumat (10/5/2019). 

Atas informasi resmi dari BMKG tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Akbar telah menginstruksikan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai untuk segera membentuk Tim.

Longsor Sinjai
Longsor Sinjai (samba/tribunsinjai.com)

Dengan menyiapkan himbauan waspada bencana dalam bentuk Surat Edaran Bupati Sinjai yang ditujukan kepada camat, Kepala desa lurah hingga RT dengan tembusan seluruh pimpinan OPD dan instansi terkait, untuk senantiasa waspada meningkatkan upaya antisipatif dan kesiapsiagaan terhadap cuaca ekstrem. (*)

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved