Wapres Argentina Apresiasi Capaian Pembangunan Pertanian Indonesia

Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti mengapresiasi berbagai capaian pembangunan pertanian Indonesia selama pemerintahan Jokowi-JK.

Wapres Argentina Apresiasi Capaian Pembangunan Pertanian Indonesia
Kementerian Pertanian RI
Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti mengapresiasi berbagai capaian pembangunan pertanian Indonesia selama pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini dikemukakan Gabriela dalam pertemuan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Rabu (8/5/2019). 

Jakarta - Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti mengapresiasi berbagai capaian pembangunan pertanian Indonesia selama pemerintahan Jokowi-JK.

Hal ini dikemukakan Gabriela dalam pertemuan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Rabu (8/5).

Melansir data BPS, ekspor komoditas pertanian hingga saat ini melonjak 26 persen, nilainya Rp 1.700 triliun.

Begitu PDB sektor pertanian naik 47 persen, total akumulasi nilainya Rp 1.375 triliun atau separuh dari APBN.

Demikian pun selama 4,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK, inflasi bahan pangan dulu 2013 terburuk di dunia.

Namun demikian, setelah berjalan 4 tahun, Indonesia mampu menekan inflasi dari 10,57 persen di tahun 2014 menjadi 1,26 persen di tahun 2017.

Kemudian Indonesia di tahun 2018, telah ekspor komoditas kelapa, kakao, cengkeh, kapas, pala, kelapa sawit, karet dan lainnya ke Argentina senilai Rp 648 miliar.

Karena itu, Gabriela mengatakan pemerintan Argentina membuka peluang pasar ekspor khususnya komoditas hortikultura Indonesia ke Argentina.

Pasalnya kebutuhan Argentina terhadap buah tropika seperti nanas, salak, manggis, pisang dan komoditas lainnya sebanyak 95 persennya impor.

"Buah-buah ini kami impor dari Meksiko dan Brazil. Ke depan, kami buka peluang pasar Indonesia," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved