Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Bukan Nama Kota, Bukit Soeharto Adalah Nama Taman Hutan Raya, Ini Profilnya

Merupakan sebuah taman hutan raya yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur

TRIBUNWIKI: Bukan Nama Kota, Bukit Soeharto Adalah Nama Taman Hutan Raya, Ini Profilnya
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Kawasan Tahura Bukit Soeharto, kilometer 50, Jl Poros Balikpapan-Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (1/7/2018). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Nama Bukit Soeharto naik daun dan menjadi trending hari ini, Rabu (8/5/2019). Pasalnya, area ini di gadang-gadang menjadi lokasi ibu kota Indonesia yang baru.

Apa dan di mana sebetulnya Bukit Soeharto itu? Ini profilnya, seperti dilansir wikipedia.com

Bukit Soeharto sebetulnya adalah sebuah Taman Hutan Raya.

Merupakan sebuah taman hutan raya yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Luas Taman Hutan Raya Bukit Soeharto ini  berkisar 61.850 hektare.

Baca: TRIBUNWIKI: Begini Sejarah dan Peristiwa yang Terjadi di Bukit Soeharto, Calon Ibu Kota Baru

Dasar keputusan

Wilayah hutan yang persisnya berada di kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ini ditunjuk sebagai kawasan taman hutan raya berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 270/Kpts-II/1991 tanggal 20 Mei 1991.

Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor. SK.419/Menhut-II/2004 tanggal 19 Oktober 2004, tentang Perubahan fungsi Taman Wisata Alam Bukit Soeharto seluas ± 61.850 hektare yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menjadi Taman Hutan Raya.

Tujuan Penunjukan wilayah ini adalah untuk melindungi, menjaga kelestarian dan menjamin pemanfaatan potensi kawasan dan berfungsi sebagai wilayah untuk koleksi tumbuhan dan satwa yang alami atau bukan alami, jenis asli dan atau bukan asli yang dapat dipergunakan untuk kepentingan penelitian, pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Ekosistem
Ekosistem tahura ini terdiri dari hutan campuran Dipterocarpaceae dataran rendah, hutan kerangas, hutan pantai, semak belukar dan alang-alang.

Halaman
123
Penulis: Ina Maharani
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved