Dua Pejabat Pemkab Gowa Ditahan Polisi, Ini Masalahnya

Dua pejabat Pemkab Gowa ini diduga adalah Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Andi Sura Suaib dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)

handover
Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga bersama BPN meninjau lokasi pembangunan Kota Idaman di Pattallassang, Jumat (22/2/2019) lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dua pejabat Pemerintah Kabupaten Gowa ditahan Polres Gowa terkait Perkara Kota Idaman Pattallassang Kabupaten Gowa.

Dua pejabat Pemkab Gowa ini diduga adalah Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Andi Sura Suaib dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Fajaruddin.

Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dari kedua Dinas ini tampak datang berkunjung ke Polres Gowa, Jumat (3/5/2019) sore tadi.

Mereka diantaranya Sekretaris Dispora Sappe Mangiriang serta dua pegawai Dispora lainnya. Ada pula dua pegawai Disperdastri, yaitu Staf Kadisperdastri dan Kepala Pasar Minasa Maupa.

Baca: Pemkab Gowa Bolehkan 15 Persen Kenaikan Pangan Jelang Ramadan

Baca: Pemkab Gowa Genjot Pencapaian Kabupaten Layak Anak

Kuasa Hukum, Yusuf Gunco membenarkan soal penahanan ini. Yusuf mengatakan, kedua kliennya ditahan sejak Jumat (3/5/2019) pagi tadi. Menurut Yusuf, unsur pasal yang diduga terpenuhi terhadap Andi Sura dan Fajaruddin adalah pasal 263 KHUP.

Keduanya disebutkan diduga terlibat dalam kasus pemalsuan dokumen pada jual beli tanah di lahan Kota Idaman. Meski demikian, Yusuf meyakini kedua kliennya tidak bersalah.

"Di atas objek itu belum ada sertifikat yang terbit di atasnya berdasarkan surat pemerintah daerah dan BPN," kata Yusuf kepada Tribun Timur.

"BPN belum pernah menerbitkan sertifkat di atas tanah itu. Saya berharap penyidik bisa meluruskan perkara ini sesuai peruntukan pasal itu," tegas Yusuf.

Andi Sura Suaib dan Fajaruddin diketahui adalah mantan Camat Pattallassang Kabupaten Gowa.

Dalam perkara Kota Idaman ini, Polres Gowa sebelumnya telah menyita sejumlah barang bukti. Dua diataranya Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah tahun 2009 dan Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah tahun 2015.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Ansar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved