Begini Cara UMI Seleksi Mahasiswa Baru 2019

Sebagai Perguruan Tinggi Suasta (PTS), mereka bahkan menerapkan proses Ujian Tulis penerimaan maba dengan cara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Begini Cara UMI Seleksi Mahasiswa Baru 2019
Wahyu/Tribun Timur
Pihak UMI untuk memperkenalkan mode penerimaan mahasiswa baru melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Kamis (2/5/2019) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar meluncurkan inovasi baru dalam proses penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun 2019-2020.

Sebagai Perguruan Tinggi Suasta (PTS), mereka bahkan menerapkan proses Ujian Tulis penerimaan maba dengan cara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding MSi mengatakan UMI merupakan PTS yang pertama menerapkan proses penerimaan maba dengan cara UTBK.

Baca: Sambut Ramadan 1440 H, UKM Pecinta Al Quran dan Masjid UMI Gelar Konsolidasi

Baca: TRIBUNWIKI: Padanglampe Jadi Lokasi Pesantren Maba UMI, Ini Profil Desa, dan Letak Geografisnya

Sejumlah pertimbangan pun dilakukan untuk untuk mulai memberlakukan sistem komputerisasi dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

"UTBK selama ini memang hanya dikenal dalam ujian seleksi masuk untuk perguruan tinggi negeri (PTN). Namun status UMI Makassar dengan akreditas A tentunya menjadi salah satu alasan sehingga tidak berlebihan jika mulai melakukan terobosan terbaru," jelasnya.

Selain itu, UMI juga telah fokus dalam mewujudkan industri 4.0 di kampus dan mengandalkan sistem digitalisasi.

Dengan sistem seperti ini, ia berharap akan lebih mudah menjangkau para calon mahasiswa yang tinggal jauh atau berada di provinsi lain.

"Kita juga sudah melakukan berbagai persiapan demi kelancaran ujian UTBK ini. Selain penyediaan sarana prasarana sepertinya komputer atau laptop, juga kesiapan listrik juga sudah diantisipasi dengan baik.

Ia menjelaskan dengan proses penerimaan UTBK ini, jumlah peserta juga akan lebih besar.

Namun tentunya persaingan untuk masuk ke UMI akan jauh lebih ketat sesuai harapan akademika dalam menjaring mahasiswa terbaik.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Susanto
Editor: Ansar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved