Ibu Kota Negara Pindah, Danny Pomanto Sebut Jeneponto Layak Jadi Pengganti

Presiden Joko Widodo telah mewacanakan memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke kota yang berada di luar pulau Jawa.

Ibu Kota Negara Pindah, Danny Pomanto Sebut Jeneponto Layak Jadi Pengganti
fahrisal/tribuntimur.com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo telah mewacanakan memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke kota yang berada di luar pulau Jawa.

Bahkan melalui sosial media, Presiden Jokowi meminta tanggapan dari masyarakat kota mana yang layak menjadi ibu kota negara pengganti Jakarta.

Menurut Jokowi, DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus, sebagai pusat pemerintahan dan layanan
publik, juga pusat bisnis.

"Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu? Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil Kazakhstan, dan lain-lain," kata Jokowi dikutip dari akun sosial media Instagram.

Presiden juga telah menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara, dan tinggal menunggu waktu untuk memilih kota mana yang tepat.

Beberapa kota di Kalimantan dan Sulawesi disebut-sebut menjadi kandidat sebagai calon ibu kota negara.

Dimintai tanggapannya, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyebut Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, layak menjadi ibu kota negara.

Ada beberapa alasan wali kota yang juga konsultan tata ruang ini memilih Jeneponto, salah satunya soal tingkat keamanan dari bencana.

Menurut Danny, Sulawesi Selatan, termasuk Jeneponto adalah daerah yang potensi bencana alamnya seperti gempa bumi, tergolong rendah, bahkan bisa dibilang tidak ada.

"Sekarang kalau kita rancang Indonesia 1000 tahun lagi, ibu kota bukan lagi di Jawa. Di sana banyak gunung api, jika meletus bisa hancur. Indonesia memiliki periodical disaster, dan berdasarkan penelitian, di Sulawesi cukup aman untuk itu," kata Danny yang ditemui di kediamannya, Jl Amirullah, Makassar, Selasa (30/4/2019).

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved