Masjid 99 Kubah Batal Dioperasikan Saat Ramadan, Ini Pertimbangan Wagub Sulsel

Aturan pemerintah, pelaksanan sebuah proyek baru akan diserahkan pengelolaannya jika proyek tersebut progresnya sudah 100 persen.

Masjid 99 Kubah Batal Dioperasikan Saat Ramadan, Ini Pertimbangan Wagub Sulsel
Saldy Irwan/Tribun Timur
Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan bahwa Masjid 99 Kubah yang ada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) belum bisa di operasikan pada ramadan ini.

Alasannya, masjid tersebut sementara tahap audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel.

"Belum bisa, itu kan masih di audit," ujar Andi Sudirman Sulaiman, Senin (29/4/2019).

Menurutnya masjid tersebut baru akan di operasikan jika progres konstruksi sudah 100 persen, selesai.

Diketahui, masjid yang didesain langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tersebut saat ini sudah memasuki 70 persen progres pengerjaan.

Meski begitu, aktivitas beribadah sudah bisa dilakukan didalam masjid tersebut.

Kondisi interior Masjid 99 Kubah yang dibangun di lokasi reklamasi Center Poin of Indonesia (CPI), Pantai Losari, Makassar, Selasa (12/3).
Kondisi interior Masjid 99 Kubah yang dibangun di lokasi reklamasi Center Poin of Indonesia (CPI), Pantai Losari, Makassar, Selasa (12/3). (sanovra/tribuntimur.com)

Sebagai leading sektor pembangunan masjid, pihak Dinas Pengelolaaan Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan bahwa melihat kondisi konstruksi, masjid ini sudah bisa digunakan ibadah.

Laporan yang diterima Darmawan, 30 persen fisik yang belum dikerjakan itu adalah pemasangan kubah sebanyak 17 unit, penataan pelataran masjid, sebagian tempat wudhu, dan kantor pengelola masjid.

"Khusus untuk kubahnya, itu masih ada 17 yang belum terpasang dari total 99 kubah," ujar Darmawan.

Saat ini, masjid yang berhadapan langsung dengan Pantai Losari Makassar itu untuk sementara tidak dilakukan aktivitas pembangunan konstruksi.

Pasalnya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Daerah melakukan audit dan eksistensi anggaran pembangunan masjid dengan gaya timur tengah ini.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved