Radiayansa, Jukir Makassar Martir Pemilu 2019, Dia Korban Meninggal ke-231 dari Penyelenggara

Hari Sabtu (27/4/2019) pagi, Radiayansa semakin drop. Antara sadar dan pingsan, keluarga membawanya ke RS Pelamonia lagi.

Radiayansa, Jukir Makassar Martir Pemilu 2019, Dia Korban Meninggal ke-231 dari Penyelenggara
dok.tribun
Radiayansa (31), anggota KPPS di Makassar yang meninggal dunia usai menuntaskan rekap suara di TPS-nya 

Radiayansa adalah korban meninggal dunia ke-231 dari penyelenggara Pemilu Serentak 2019.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Radiayansa (31) mendaftar menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di PPK Kecamatan Tallo, Makassar. Dia kemudian ditempatkan sebagau petugas KPPS di TPS 09 Kelurahan Bunga Eja Baru.

Radiayansa melaksanakan tugas dengan gigih. Sejak dilantik sebagai KPPS, Radiayansa “cuti” dari pekerjaan sehari-harinya. Sebelum jadi penyelenggara pemilu, Radiayansa bertugas sebagi juru parkir (jukir) di basement Makassar Town Square (MTos), Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar.

BACA SELENGKAPNYA DI TRIBUN TIMUR CETAK EDISI MINGGU, 28 APRL 2019

KTP lama Radiayansa
KTP lama Radiayansa (dok.tribun)

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tallo, Rosneni Daga, mengatakan, Radiayansa satu-satunya laki-laki di TPS 09 Bunga Eja. Petugas lainnya di TPS ini perempuan.

Radiayansa semakin bekerja keras sejak menerima formulir C6. Dia mencatat dan menulis nama calon pemilih kemudian mengantarnya ke rumah masing-masing. Sebelum pencoblosan, Radiayansa sudah terlihat kelelahan.

Di malam pencoblosan, Selasa (16/4/2019) malam, Radiayansa begadang mempersiapkan TPS 09 menyambut pemilih.

“Pada malam pemilihan, hampir tidak ada anggota KPPS yang tidur dengan cukup waktu, kemudian paginya harus buka TPS, dilanjutkan penghitungan suara hingga Kamis (18/4/2019),” jelas Rosnaeni.

Setelah pencoblosan, Radiayansa semakin sibuk. Kondisi kesehatan pun semakin drop. Dia sering batuk-batuk dan sakit tenggorokan. Tapi Radiayansa enggan menyerah.

Beberapa hari Radiayansa begadang di PPK Tallo, merekap suara. Hari Kamis (25/4/2019), tenggorokan Radiayansa semakin sakit. Batuknya pun semakin kencang. Keluarga memaksanya ke Rumah Sakit (RS) Pelamonia di Jl Jenderal Sudirman, Makassar.

Halaman
12
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved