Pilpres 2019

Danny Pomanto Selamati Jokowi-Amin, Prof Marwan: Cara Ini Tidak Terhormat

"Karena belum ada penetapan resmi dari KPU tentang siapa yang terpilih Presiden dan Wakilnya dalam pemilu 17 April 2019 lalu," kata Prof Marwan Mas.

Danny Pomanto Selamati Jokowi-Amin, Prof Marwan: Cara Ini Tidak Terhormat
Darul/Tribun Timur
Baligho Walikota Makassar Danny Pomanto selamati Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang dpilih rakyat Indonesia. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Akademisi Universitas Bosowa (Unibos), Prof Marwan Mas soroti tindakan Walikota Makassar, Danny Pomanto terkait Baligho.

Soal baligho ucapan selamat, kepada Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 di Jl Pengayoman, Panakkukang, Makassar.

Marwan Mas mengatakan, tindakan yang dilakukan Danny seharusnya mengetahui bahwa hal itu pelanggaran etika seorang pemimpin pada hal ini Walikota Makassar.

"Karena belum ada penetapan resmi dari KPU tentang siapa yang terpilih Presiden dan Wakilnya dalam pemilu 17 April 2019 lalu," kata Marwan, Rabu (24/4/2018).

Menurutnya, hal itu seharusnya tidak boleh dilakukan oleh seorang pemimpin daerah, apalagi Walikota. Karena bisa mencederai citra institusi penerintahan Kota Makassar.

Karena tindakannya dapat menimbulkan efek negatif dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat yang selama ini terpecah menjadi dua pendukung calon Presiden.

Sebab bisa saja, pendukung lain terpicu emosinya karena belum ada penetapan pemenang Pilpres. Tapi karena baligho ini bisa membesarkan lagi pemicu tersebut.

Bahkan, Marwan menilai bisa jadi ini usaha setor muka ke pasangan yang didukung kalau dia juga bekerja di bawah untuk memenangkannya di wilagah Makassar.

"Cara ini tidak terhormat, karena bisa saja menimbulkan persepsi bagi masyarakat, betapa hukum dan etika politik tidak lagi dihargai pemimpinnya," tegas Marwan.

Marwan mengingatkan, kini KPU sedang lakukan hitung manual mulai dari bawah yang juga sedang diawasi rakyat, bahkan belum ada keputusan hukum dari KPU RI.

Halaman
12
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved