BPBD Gowa Siapkan Simulasi Vertical Rescue Peringati Hari Kesiapsiagaan

BPBD Kabupaten Gowa akan menggelar simulasi vertical rescue dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana 2019.

BPBD Gowa Siapkan Simulasi Vertical Rescue Peringati Hari Kesiapsiagaan
TRIBUN TIMUR/ARI MARYADI
Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansa (kanan) memimpin rapat persiapan di Kantor BPBD Gowa, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa akan menggelar simulasi vertical rescue dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana 2019.

Simulasi vertical rescue ini mengusung tema 'Siap untuk selamat, kita jaga alam, alam jaga kita', yang akan dihelat, Jumat (26/4/2019) mendatang.

"Kita menindaklanjuti surat edaran dari pusat untuk meluangkan satu hari melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara seretak pada tanggal 26 April," kata Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansa, Selasa (23/4/2019).

Baca: Enam TPS di Palopo Pemungutan Suara Ulang

Baca: Diduga Konsumsi Narkoba, Oknum PNS dan Honorer di Jeneponto Ditangkap Polisi

Baca: Ketua Bawaslu Bantaeng Juga Jatuh Sakit Karena Kelelahan

Ikhsan melanjutkan, BPBD Gowa akan melakukan simulasi vertical rescue atau penyelematan dari gedung tinggi menggunakan tali.

Ikhsan menjelaskan, pelaksanaan vertical rescue tersebut akan melibatkan dari berbagai pihak yang berpengalaman yakni dari SAR, PMI, TNI/Polri, Damkar dan tenaga profesional lainnya.

"Pastinya yang melakukan ini semua adalah orang yang terlatih, dan untuk mengantispasi hal yang tidak diinginkanpun kita sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Syekh Yusuf," tambahnya.

Menurut Ikhsan, untuk menyambut peringatan kesiapsiagaan bencana ini, pihaknya telah melaksanakan diklat simulasi water rescue 3 April lalu yang diikuti sebanyak 40 orang potensi SAR Gowa.

Tak hanya itu, dirinya juga telah mengimbau melalui surat edaran ke sekolah-sekolah untuk turut melaksanakan latihan sederhana terkait kebencanaan.

" Kita juga sudah menyurat ke Dinas Pendidikan untuk mengedarkan surat ini ke sekolah-sekolah, agar ikut melaksanakan simulasi bencana di sekolah masing-masing," jelas Ikhsan.

Olehnya dirinya berharap dengan dilaksanakannya rapat ini, semua pihak bisa bekerjasama dalam mensuksekan hari kesiapsiagaan bencana.

Turut hadir dalam rapat persiapan, Perwakilan TNI/Polri, Perwakilan Bappeda, Perwakilan RSUD Syekh Yusuf, Dinas Kesehatan, PMI, Damkar, dan Satpol PP.

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved