Catat! Ini Janji Gubernur Sulsel untuk Warga Wajo

Jnji Nurdin Abdullah ini disampaikan saat menerima tokoh masyarakat Wajo Elvianto di Rujab Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (22/4/2019)

Catat! Ini Janji Gubernur Sulsel untuk Warga Wajo
dokumen Pemprov Sulsel
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ditemui tokoh masyarakat Wajo Elvianto di Rujab Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (22/4/2019) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah akan mengembalikan kejayaan Siwa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Wajo dan sekitarnya.

Sebagai langkah awal mewujudkan komitmennya itu, NA akan memperbaiki pasar dan pelabuhan di Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulsel.

"Tahun ini juga kita akan perbaiki,” janji Nurdin saat menerima tokoh masyarakat Wajo Elvianto di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Senin (22/4/2019).

Kalau pasar baik, itu akan menjadi pusat pergerakan ekonomi.

“Makanya kita akan perbaiki Pasar Siwa menjadi pasar modern," tambahnya melalui rilisnya ke tribun-timur.com, Senin (22/4/2019).

Kalau pasar dan pelabuhan di Siwa baik, menurut Nurdin, akan mempercepat pergerakan ekonomi dan berdampak pada bangkitnya ekonomi di daerah-daerah sekitarnya.

Nurdin Abdullah Janji Kucurkan Rp 80 M untuk Proyek Jalan di Lutim

VIDEO: Kapolres Mamuju Utara Tenangkan Tahanan Usai Bakar Rutan Pasangkayu

Pelabuhan Siwa merupakan andalan transportasi laut yang menghubungkan Siwa dengan Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara dan daerah lain di kawasan timur Indonesia.

“Dengan proyek ini, kita akan mengembalikan kejayaan Siwa seperti 20 tahun silam. Siwa itu pernah menjadi pusat perdagangan di Wajo dan daerah sekitarnya," jelasnya.

Dalam catatan sejarah, Siwa adalah kota tua yang sudah berabad lamanya.

Daerah ini pernah bergabung dengan Kerajaan Luwu.

Kemudian diambil alih oleh Kerajaan Wajo di bawah pemerintahan Aroeng Matoa Wajo awal abad ke-20 yaitu Karaeng Mangeppe, Ishaka Manggabarani.

Hasil bumi Siwa antara lain berupa cengkeh dan coklat serta tambak udang. (*)

Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved