Ketua KPU Sulsel Minta Masyarakat Sabar, Bawaslu: Jangan Sujud Syukur

Mantan Ketua KPU Kota Makassar itu juga berharap agar tidak mudah percaya dengan klaim-klaim perolehan suara maupun kursi oleh partai politik.

Ketua KPU Sulsel Minta Masyarakat Sabar, Bawaslu: Jangan Sujud Syukur
abd azis/tribun-timur.com
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan Misnah M Attas berharap agar masyarakat dan peserta Pemilu 2019 tetap bersabar menunggu hasil rekapitulasi secara berjenjang oleh penyelenggara. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan Misnah M Attas berharap agar masyarakat dan peserta Pemilu 2019 tetap bersabar menunggu hasil rekapitulasi secara berjenjang oleh penyelenggara.

Mantan Ketua KPU Kota Makassar itu juga berharap agar tidak mudah percaya dengan klaim-klaim perolehan suara maupun kursi oleh partai politik.

"Jadi tunggu hasil resminya dari KPU," kata Misnah M Attas usai menggelar jumpa pers terkait video viral kotak suara Pemilu 2019 yang tidak tersegel di Kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Jumat (19/4/2019).

Penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) dimulai dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, lalu penghitungan suara calon anggota DPD RI.

Kemudian penghitungan perolehan suara calon anggota DPR RI, dilanjutkan dengan DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Penghitungan suara Pemilu 2019 dilakukan secara manual dan berjenjang.

Di Sulsel khususnya di Makassar, sejumlah TPS sudah mulai melakukan penghitungan suara pada pukul 14.30 wita, ada juga yang memulai nanti pada pukul 15.30 wita.

"Rekapitulasi di 26.356 TPS dimulai tanggal 17-18 April, kemudian, di PPK baru dimulai 18 April-4 Mei 2019," kata Misnah.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, Informasi, dan Antarlembaga KPU Sulsel, Uslimin, Rabu (17/4/2019) malam kemarin menjelaskan, tidak ada rekapitulasi di kelurahan/desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurutnya, hasil pemungutan suara di TPS transit saja di PPS sebelum ke kecamatan atau di PPK yang tersebar di 307 kecamatan di Sulsel.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved