Di Sorong, Strategi Dorong Ekspor Pertanian Asal Papua Barat Disepakati

Sebanyak 14 instansi pusat dan daerah melakukan deklarasi dorong ekspor komoditas pertanian unggulan asal Propinsi Papua Barat.

Di Sorong, Strategi Dorong Ekspor Pertanian Asal Papua Barat Disepakati
KEMENTAN
Sebanyak 14 instansi pusat dan daerah melakukan deklarasi dorong ekspor komoditas pertanian unggulan asal Propinsi Papua Barat. 

TRIBUN-TIMUR.COM-Sebanyak 14 instansi pusat dan daerah melakukan deklarasi dorong ekspor komoditas pertanian unggulan asal Propinsi Papua Barat.

Hal ini dilakukan setelah diskusi sinergitas antar instansi diselenggarakan Badan Karantina Pertanian (Barantan) di Sorong, Senin (15/4/2019).

"Perlu strategi kolaborasi yang jitu untuk dongkrak ekspor komoditas pertanian unggulan di Papua Barat," kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ir Ali Jamil MP PhD saat menjadi narasumber pada acara tersebut.

Menurut Jamil, data tahun 2018 dari sistem otomasi IQFAST Barantan mencatat beberapa komoditas unggulan dari Kabupaten Sorong yang bisa saja menjadi komoditas ekspor dari wilayah lain.

Di antaranya biji pala, oil palm kernel, bunga pala, minyak sawit mentah, kopra, durian, alpukat, pisang, sarang semut dan buah merah.

Buah merah
Sarang semut (Kementan)

Kebanyakan komoditas tersebut dilalulintaskan ke Jakarta dan Surabaya, namun tercatat sebagai komoditas ekspor lewat daerah lain.

"Inilah yang harus kita selesaikan bersama, pemerintah pusat dan daerah harus bersama bahu membahu," terang Jamil.

Di sela acara tersebut, Jamil juga menyerahkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT12) kepada pelaku usaha, Gunawan.

Dari dialog dengan para pelaku usaha didapat informasi akan tingginya permintaan terhadap komoditas khas Papua Barat.

Salah satunya, sari buah merah yang tidak saja diminati pasar domestik tapi juga pasar global seperti Korea Selatan, Amerika Serikat.

Halaman
123
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved