Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Gereja Notre-Dame Kebakaran, Dimana Itu? Ini Profilnya

Api melalap dengan begitu cepat, menghancurkan dua menara persegi katedral, dan mengepulkan asap hitam pekat ke angkasa.

dok_wikipedia
Notre Dome de paris (1160-2019) 

 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Kebakaran terjadi di Gereja Notre Dame, Senin malam itu (15/4/2019).

Api melalap dengan begitu cepat, menghancurkan dua menara persegi katedral, dan mengepulkan asap hitam pekat ke angkasa.

Gereja yang berusia 850 tahun itu, ditatap oleh para warga Paris sambil menangis dan berdoa.

Dilansir dari Kompas.com, melalui media lokal Perancis seperti dikutip Sky News memberikan, terdapat korban luka pada salah satu anggota pemadam kebakaran, dengan polisi menangani kasus itu sebagai "kecelakaan".

BBC mewartaka, tidak diketahui penyebab pasti api bisa melalap katedral Gotik itu. Namun, diduga berkaitan dengan pekerjaan renovasi yang ada di sana. Tim pemadam kebakaran mengerahkan 400 anggota dari seluruh Perancis, termasuk menggunakan 18 selang bertekanan tinggi dan berjibaku selama berjam-jam.

Notre Dome de paris, gereja Katedral berusia 865 tahun di Kota Paris, Perancis, Senin (15/4/2019) sore hangus terbakar.
Notre Dome de paris, gereja Katedral berusia 865 tahun di Kota Paris, Perancis, Senin (15/4/2019) sore hangus terbakar. (courtesy_twitter)

Rektor katedral Patrick Chauvet memaparkan pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan sejumlah barang bersejarah penting seperti Mahkota Duri Suci, dan mahkota yang dikenakan Raja Louis.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengusulkan agar digunakan pesawat tanker untuk menjatuhkan air di atas gereja melalui twit-nya.

Namun, usul itu tak digunakan. Presiden Perancis Emmanuel Macron yang mengunjungi Notre Dame tak kuasa membendung air mata dan dengan emosional mengatakan "yang terburuk sudah dihindari".

Kepada setiap orang yang hadir di sana, Macron berjanji bakal membangunnya kembali. "Ini adalah sejarah, imajinasi, tempat di mana kita bisa mengalami petualangan heba," tegasnya.

Dibangun sekitar 1163, pembangunan Notre Dame berlangsung lebih dari dua abad dan selesai 1345. Di tempat itulah, Napoleon Bonaparte mengumumkan diri sebagai Kaisar Perancis.

Halaman
1234
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved