Masa Tenang, Bawaslu Wajo Turunkan APK dan Ingatkan Hal Ini

Sebelumnya, Bawaslu Wajo telah meminta para peserta pemilu untuk menurunkan sendiri APKnya sebelum memasuki masa tenang.

Masa Tenang, Bawaslu Wajo Turunkan APK dan Ingatkan Hal Ini
hardiansyah/tribunwajo.com
Satpol PP bersama Bawaslu Wajo menurunkan APK paserta pemilu di Sengkang, Kabupaten Wajo, Minggu (14/4/2019). 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Memasuki masa tenang kampanye, Badan Pengawan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wajo bersama Satpol PP Kabupaten Wajo menurunkan APK peserta pemilu, Minggu (14/4/2019).

Menurut Komisioner Bawaslu Wajo Devisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Heriyanto, penurunan APK tersebut dilakukan serentak di semua wilayah Kabupaten Wajo.

"Hari ini, semua Panwascam juga turun menertibkan semua APK. Tidak boleh lagi ada APK di masa tenang," katanya kepada Tribun Timur.

Sebelumnya, Bawaslu Wajo telah meminta para peserta pemilu untuk menurunkan sendiri APKnya sebelum memasuki masa tenang.

Namun, masih banyak yang belum menurunkan sendiri APKnya, sehingga Bawaslu Wajo bersama Satpol PP pun menurunkan APK tersebut.

Selain menurunkan APK, Heriyanto menambahkan, bahwa ada larangan-larangan yang mesti dipatuhi oleh para peserta pemilu di masa tenang.

"Tidak boleh melakukan kampanye dan berpolitik uang," katanya.

Bagi yang masih melakukan kampanye, akan dikenakan pasal 492 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 dengan pidana kurungan 1 tahun dan denda Rp 12.000.000.

Sedang, bagi yang berpolitik uang di masa tenang, bakalan dikenakan 523 ayat (2) UU nomor 7 tahun 2017 dengan pidana kurungan 4 tahun dan denda Rp 48.000.000. (TribunWajo.com)

Laporan wartawan Tribun Timur @dari_senja

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved