KPU Bulukumba Siapkan 8 TPS di Dalam Kawasan Adat Kajang

Akses jalan menuju Desa Tanah Towa sudah sangat layak, hanya saja, kendaraan tak izinkan untuk memasuki wilayah kawasan adat.

KPU Bulukumba Siapkan 8 TPS di Dalam Kawasan Adat Kajang
Humas Pemkab Bulukumba
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali (mengenakan sepatu) dan rombongan, saat berjalan memasuki kawasan Adat Kajang, di Kecamatan Kajang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Warga Adat Kajang yang bermukim di Desa Tanah Towa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, dipastikan menyalurkan hak pilihnya pada pemilu 2019 ini.

Hal tersebut setelah rampungnya proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba.

Bahkan KPU Bulukumba memastikan, pemimpin Suku Adat Kajang, Ammatoa, terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Suku Kajang ini terletak sekitar 50 kilometer tenggara kota Bulukumba, atau dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan darat.

Akses jalan menuju Desa Tanah Towa sudah sangat layak, hanya saja, kendaraan tak izinkan untuk memasuki wilayah kawasan adat.

Bahkan, alas kaki, baik sendal maupun sepatu, harus di lepas saat memasuki kawasan adat yang dikenal dengan pakaian hitam-hitam ini.

DPT Tanah Towa sebanyak 2.904 orang, terdiri dari 1.354 pemilih laki-laki, dan 1.550 pemilih perempuan.

Di desa ini, KPU Bulukumba menempatkan sebanyak 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS), delapan diantaranya berada dalam kawasan adat.

Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan, Minggu (14/4/2019) siang mengatakan, TPS yang ada di tanah adat kurang lebih sama dengan TPS pada umumnya.

Hanya saja, karena berada dalam aturan adat, sehingga logistik tak boleh diangkut menggunakan kendaraan atau alat bantu lainnya.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved