Pemilu 2019

Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Ini Sikap Gerindra Makassar

Polisi Selangor telah memeriksa ruko tempat disimpannya surat suara yang tercoblos sebelum waktunya.

Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Ini Sikap Gerindra Makassar
dokumen pribadi
Ketua Badan Pemenangan Gerindra Makassar Pice Jehali SH 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Beredarnya kabar surat suara Pemilu 2019 yang tercoblos sebelum jadwal resmi di Selangor, Malaysia, membuat banyak pihak mendesak dilakukan investigasi.

Gerindra Makassar salah satu yang mendesak investigasi tersebut.

“Kami mendesak pihak yang diberi wewenang oleh UU untuk mengusut tuntas dan melakukan investigasi menyeluruh terkait kasus ini,” tegas Ketua Badan Pemenangan Gerindra Makassar Pice Jehali SH melalui rilisnya ke tribun-timur.com, Jumat (12/4/2019).

Gerindra Makassar juga mendesak dikukan penyidikan adanya dugaan tindak pidana pemilu pada kasus tersebut.

“Apabila terbukti bahwa memang benar surat suara sudah tercoblos, maka calon dan atau partai yang bersangkutan harus didiskualifikasi dan proses hukum pidana harus diterap berdasarkan UU pemilu,” tegas Pice.

Banggai Kepulauan Gempa, BMKG Nyatakan Peringatan Dini Tsunami Berakhir

Dulu Dukung Jokowi-JK, Kini Imam Shamsi Ali di Kubu Prabowo-Sandi, Ini 7 Alasannya

Menurutnya, adanya temuan surat suara yang sudah tercoblos di TPS luar negeri sangat mencederai prinsip demokrasi yang selama ini dijaga bersama.

“Dengan investigasi serius ini diharapkan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Pice yang juga advokat ini.

Jika kasus ini tak tuntas diinvestigasi, ia khawatir kian menimbulkan kecurigaan bahwa pemilu kali ini banyak diwarnai kecurangan.

“Jangan sampai pula menimbulkan dugaan banyak orang bahwa hasil pemilu kali ini bukan karena kepercayaan rakyat kepada pemimpinnya tetapi karena kecurangan yang sangat massif,” tambah pria yang kerap membela nasib buruh dan kelompok termarginalkan di Makassar ini.

Sementara itu dilaporkan tim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Bawaslu RI telah diterbangkan ke Selangor untuk menyelidiki kasus ini.

Hingga berita ini ditulis, KPU belum memberikan kesimpulan resmi untuk mengklarifikasi surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia.

Halaman
123
Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved