Polres Gowa Tegaskan Awasi Ketat Politik Uang Jelang Pemilu

Bawaslu Gowa menilai kabupaten berjuluk Butta Bersejarah ini adalah daerah yang termasuk rawan praktik politik uang jelang Pemilu.

Polres Gowa Tegaskan Awasi Ketat Politik Uang Jelang Pemilu
TRIBUN TIMUR/ARI MARYADI
Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa memastikan akan melakukan pengawasan ketat terhadap praktik politik uang menjelang hari pencoblosan Pemilihan Umum 2019.

Bawaslu Gowa menilai kabupaten berjuluk Butta Bersejarah ini adalah daerah yang termasuk rawan praktik politik uang jelang Pemilu.

"Kami melakukan pengawasan politik uang menjelang hari H," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Samsuar Saleh kepada Tribun, Kamis (11/4/2019).

Baca: Polisi Gowa Periksa Kejiwaan Pemuda yang Acungkan Parang Saat Sweeping

Menurut Samsuar, pihak telah melakukan konsolidasi bersama Polres Gowa untuk melakukan pengawasan ketat terhadap praktik politik uang dalam pelaksaan Pemilu ini.

"Kami juga akan mengingatkan kembali netralitas ASN ke pemerintah Kabupaten Gowa. Kami menurunkan petugas memantau di setiap kecamatan," sambung Samsuar.

Samsuar menyebut, sejumlah kecamatan di Kabupaten Gowa dinilai rawan terhadap praktik politik uang. Terlebih momen jelang hari pencoblosan.

Samsuar mengaku telah mengantongi data terkait wilayah paling rawan terjadi politik uang.

Baca: Suami Jadi Sopir, Ini Perjuangan Caleg Gerindra Yakinkan Masyarakat Sinjai dan Bulukumba

"Hasil rumusan kami, 1 hari sebelum hari pemilihan adalah mulai rawan politik uang, ini dikarenakan petugas fokus pengaman dengan pengawalan, dan KPU Gowa juga telah fokus pelaksanaan hari H jadi tidak ada lagi yang menjaga dari jam 12 malam sampai jam 7 pagi," tandas Samsuar

Sementara itu, Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga menegaskan, pihaknya bersama Bawaslu juga tidak akan menolerir kecurangan dalam Pemilu.

Baik yang terjadi di TPS ataupun tempat lainnya, termasuk kecurangan dalam bentuk Money Politic.

Baca: Video Gubernur Sulbar Temui Pendemo Viral di Facebook, Begini Pembelaan Kepala Bappeda

“Laporkan setiap informasi ke kami apabila menemukan kecurangan dalam Pemilu baik di TPS maupun Money Politic. Jangan cemari pesta demokrasi dengan hal-hal yang merendahkan martabat demokrasi itu sendiri,” tegas Shinto Silitonga.

Laporan Wartawan Tribun Gowa @bungari95

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved