Kapolres Lutra: Ajak Orang Lain Golput di Pemilu Bisa Dipidana

Seseorang bisa dipidana apabila mengajak warga tidak menggunakan hak pilih alias golput pada Pemilu 2019 lewat media sosial.

Kapolres Lutra: Ajak Orang Lain Golput di Pemilu Bisa Dipidana
Chalik/Tribun Luwu Utara
Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Seseorang bisa dipidana apabila mengajak warga tidak menggunakan hak pilih alias golput pada Pemilu 2019 lewat media sosial.

"Kalau mengajaknya menggunakan sarana media elektronik, UU ITE bisa digunakan menjerat seseorang sesuai perbuatan berdasarkan fakta hukum yang terjadi," ujar Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola, Rabu (10/4/2019) pagi.

Menurut Boy, ancaman pidana bagi orang yang mengajak pihak lain golput juga tertuang dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca: Bupati Takalar Harap Guru Olahraga Cetak Atlet Muda Berprestasi

Baca: Usaha Barbershop di Selayar, Andi Asri Raup Omzet Rp 500 Ribu Per Hari

Baca: DPRD Sulbar Temukan Indikasi Pelanggaran Pada Pengembangan Peternakan Sapi di Beroangin

"Di UU Pemilu, diatur dalam Pasal 510. Barang siapa yang menghalangi atau menghasut seseorang untuk tidak memenuhi hak pilih bisa dipidana dan didenda juga," kata Boy.

Pasal 510 UU Pemilu disebutkan setiap orang yang dengan sengaja menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta.

Lanjut dia, penyidik akan mengkaji lebih dulu unsur pelanggaran yang dilakukan terkait ajakan golput.

Penyidik menyusun konstruksi hukum berdasarkan fakta dan bukti yang ditemukan untuk menentukan apakah kasus tersebut termasuk pelanggaran pemilu atau pidana.

"Jadi tergantung perbuatannya dulu, kedua tergantung sarana yang digunakan, itu bisa dijerat di situ. Penyidik akan melihat dulu perbuatannya, fakta hukumnya, sesuai dengan alat bukti yang ditemukan penyidik baru habis itu disusun konstruksi hukumnya, masuk dalam KUHP kah, pelanggaran Pemilu kah, ITE kah, itu sangat tergantung peristiwa tersebut," jelas Boy.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved