Pengiriman Darah ke Seko Menggunakan Drone, Begini Penjelasan Bupati Luwu Utara

Drone nantinya akan mengirim darah dari Masamba ke Seko dengan beban maksimal enam kilogram dengan waktu tempuh tiga jam.

Pengiriman Darah ke Seko Menggunakan Drone, Begini Penjelasan Bupati Luwu Utara
tribun timur/muhammad abdiwan
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani kunjungan di kantor harian Tribun Timur, Jl Cendrawasih, kota Makassar, Selasa (29/1/2019). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemerintah pusat akan membuat proyek percontohan pengiriman darah menggunakan pesawat tanpa awak alias drone.

Proyek nasional ini rencananya dilakukan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), karena dinilai sangat memungkinkan.

Pengiriman darah rencananya dilakukan dari ibu kota Luwu Utara, Masamba ke Kecamatan Seko untuk kebutuhan ibu melahirkan.

Baca: Camat Sabbang Selatan Lutra Didemo, Ini Reaksi Ketua Karang Taruna Pompaniki

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan pihak ketiga dari Australia membahas rencana pelaksanaan proyek ini.

Drone nantinya akan mengirim darah dari Masamba ke Seko dengan beban maksimal enam kilogram dengan waktu tempuh tiga jam.

"Drone ini nantinya akan digunakan untuk mengirim darah dari Masamba ke Seko dengan beban maksimal enam kilogram dan waktu tempuh hanya tiga jam saja," ungkap Indah, Selasa (9/4/2019).

Baca: Drone Segera Gantikan Ojek Angkut Alkes ke Puskesmas Terpencil di Sulsel

Hanya saja, Indah belum bisa memberikan penjelasan secara detail terkait kapan dan bagaimana teknis pelaksanaan proyek ini. "Masih dibahas," paparnya.

Seko merupakan satu dari tiga kecamatan terpencil dan tertinggal di Luwu Utara.

Letaknya 1.200-1.800 meter di atas permukaan laut tepat di segitiga perbatasan Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Seko memiliki luas wilayah 2.109,19 km2 dan menjadikannya sebagai kecamatan terluas dan terjauh dengan jarak sekitar 130 kilometer dari Masamba (jalur darat).

Baca: VIDEO: Kondisi Korban Terkena Busur saat Penyerangan Sekretariat Organda di BTN Asal Mula

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved