OPINI

OPINI - Kualitas Demokrasi Jelang Pemilu

Bias dari politik elektoral adalah menguatnya politik identitas. Rakyat memilih capres dan caleg karena kesamaan agama, gender,..

OPINI - Kualitas Demokrasi Jelang Pemilu
HANDOVER
Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Azasi Manusia Indonesia (PBHI) Sulsel Abdul Aziz Saleh 

Oleh:
Abdul Aziz Saleh
Ketua PBHI Sulawesi Selatan

Demokrasi di Indonesia saat ini sedang berada pada titik di mana kita tidak dapat kembali lagi ke belakang (the point of no return).

Pasca-tumbangnya rezim otoritarian Orde Baru, demokrasi kembali direbut melalui Reformasi 1998.

Di awal era Reformasi, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan perkembangan demokrasi paling pesat di dunia.

Sistem yang terlalu sentralistik dan tertutup di era Orde Baru berubah menjadi sistem desentralisasi dan terbuka sehingga rakyat Indonesia berhak memilih wakilnya untuk menjadi pimpinan eksekutif dan legislatif baik di pusat maupun di daerah. 

Jelang Pemilu 17 April mendatang, tantangan terhadap demokrasi tampil dengan berbagai rupa.

Meluasnya eskalasi praktik korupsi di kalangan eksekutif, legislatif, yudikatif dan partai politik akibat lemahnya pengawasan, sangat merisaukan semua pihak.

Pemilihan Umum secara serentak menggunakan anggaran yang besar, dapat melahirkan politik uang (money politics) dengan sumber pendanaan yang tidak jelas dan tidak transparan.

Baca: Terapkan Pola Ini, TNI-Polri di Pinrang Jamin Keamanan Pemilu 2019

Pinjaman modal yang dikumpulkan dari berbagai sponsor digunakan oleh calon anggota legislatif dan eksekutif untuk membiayai operasional mereka di lapangan dan harus dikembalikan dalam waktu tertentu, sehingga mendorong para politisi maupun pejabat berupaya keras melunasinya dengan berbagai cara.

Sebagai kontestan pemilu, calon legislator diharapkan memiliki kapabilitas mumpuni yang dapat
memperjuangkan demokrasi.

Halaman
123
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved