Bawaslu Selayar Latih Saksi Parpol Peserta Pemilu

Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Panwaslu Kecamatan menggelar pelatihan bagi saksi partai politik peserta Pemilu tahun 2019.

Bawaslu Selayar Latih Saksi Parpol Peserta Pemilu
Dok Suharno
Bawaslu Selayar menggelar pelatihan saksi Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019. 

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Panwaslu Kecamatan menggelar pelatihan bagi saksi partai politik peserta Pemilu tahun 2019.

Berlansung di Aula PPK, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Dihadiri ketua Bawaslu Selayar Suharno, komisioner Bawaslu Nurul Badriah, Ketua Panwascam Kecamatan Benteng Muhammad Nurwalid, serta para peserta parpol.

Baca: Pengiriman Darah ke Seko Menggunakan Drone, Begini Penjelasan Bupati Luwu Utara

Baca: Polres Bantaeng Siagakan 230 Personil Pada Pemilu 2019

Baca: VIDEO: Kondisi Korban Terkena Busur saat Penyerangan Sekretariat Organda di BTN Asal Mula

Suharno mengatakan, pelatihan tersebut merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2019, Pasal 351 yang menyatakan bahwa saksi peserta Pemilu dilatih oleh Bawaslu.

“Adapun tujuan dari pelatihan ini, untuk memberikan informasi kepada saksi terkait tugas dan larangan bagi saksi pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS,"katanya kepada Tribunselayar.com, Selasa (9/4/2019) siang.

Agar saksi, lanjutnya, dapat memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung secara jujur, adil dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Menurutnya sebelumnya Bawaslu sudah menyampaikan kepada 14 Partai Politik peserta Pemilu yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

" Agar mengirimkan nama-nama saksi yang akan dilatih oleh Bawaslu, akan tetapi dari 14 Partai yang ada, hanya dua Partai yang mengirimkan nama-nama saksinya"katanya.

Dua partai tersebut, kata dia, yakni
Partai Bulan Bintang dan Partai Persatuan Indonesia.

"Khusus Partai Bulan Bintang, nama saksi yang ada terpusat di satu kecamatan saja, sedangkan untuk Partai Perindo nama saksi yang ada tersebar di enam kecamatan,” jelasnya.

Sekedar diketahui bahwa saat pelatihan, para peserta mendapatkan buku saku saksi peserta Pemilu dan juga diberi kesempatan untuk menonton video tutorial pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, serta contoh surat suara sah dan tidak sah.

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah, IG: @ Nur_Wahidah_Saleh

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

B

Penulis: Nurwahidah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved