Kampung Prabowo Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo, BMKG Sebut Getaran hingga ke Kampung Sandiaga Uno

Gempabumi tektonik mengguncang Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara dengan kekuatan 5,3 magnitudo, Senin (8/4/2019)

Kampung Prabowo Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo, BMKG Sebut Getaran hingga ke Kampung Sandiaga Uno
Kolase Tribun Timur
Kampung Prabowo Subianto di Minahasa Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo, BMKG Sebut Getaran Terasa hingga Goronatalo 

TRIBUN-TIMUR.COM-Gempabumi tektonik mengguncang Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara dengan kekuatan 5,3 magnitudo, Senin (8/4/2019) sekitar pukul 12.45.31 WIB.

Seperti diketahui, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengaku memiliki keturunan darah Minahasa di berbagai kesempatan saat melakukan kampanye.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dari Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,3, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,01 LU dan 123,19 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 14 km arah Barat Laut Boroko-Bolmut-SULUT pada kedalaman 47 km.

Baca: NTB Terus Bangkit Pascagempa, Diversifikasi Ekonomi Jadi Kunci Melesatkan Perekonomian

Baca: Pelecehan Seksual Masih Sering Terjadi di Kamp Pengungsian Korban Gempa Palu

Baca: Tinggal di Kontrakan Sebelum Bencana, Sebagian Pengungsi Gempa Palu Tak Dapat Huntara

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (Strike Slip). 

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat dan Peta Tingkat Guncangan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Bonebolango IV MMI dan Gorontalo III-IV MMI.

Diketahui Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno merupakan juga memiliki darah keturunan orang Gorontalo.

Baca: Inilah Silsilah Keluarga Sandiaga Uno di Gorontalo & Alasan Sebagian dari Mereka Mendukung Capres 01

Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri kampanye terbuka di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (1/4/2019) pagi.
Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri kampanye terbuka di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (1/4/2019) pagi. (Abdul Azis/Tribun Timur)

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga hari Senin, 8 April 2019, pukul 03.45.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Halaman
1234
Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved