Genjot Halal Tourism, Pemprov Sulsel Kumpulkan 'Bos' Hotel

Kamis 11 April 2019 mendatang, Dinas Pariwisata Sulsel kembali menggelar pertemuan dengan seluruh General Manager (GM) atau bos Hotel se-Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan rupanya sangat serius menjadikan provinsi ini sebagai daerah halal tourism (wisata hala).

Komitmen Pemprov Sulsel itu dimulai dengan koordinasi oleh sejumlah pelaku pariwisata di Sulsel, baik unsur pemerintah, lembaga pariwisata, dan perusahaan swasta.

Kamis 11 April 2019 mendatang, Dinas Pariwisata Sulsel kembali menggelar pertemuan dengan seluruh General Manager (GM) atau bos Hotel se-Sulsel, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA), Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kamis kita kembali menggelar rapat koordinasi dengan para GM Hotel, organisasi, dan MUI. Kegiatan ini untuk menyelaraskan persepsi tentang halal tourism," ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Muhammad Firda, Senin (8/4/2019) sore.

Ia menjelaskan masyarakat dan kelompok masyarakat harus mengetahui bahwa halal tourism ini tujuannya tidak untuk menggerus budaya yang ada, melainkan untuk menguatkan karakter budaya yang ada di Sulsel.

Halal tourism ini menurut Firda, adalah bagian dari higienis, bukan halal atau haram.

Ia menyebutkan bahwa halal yang diidentikkan dengan syariah ini, tidak mengubah budaya. Ini hanya meyakinkan bahwa wisatawan muslim bisa merasa nyaman datang ke obyek wisata tersebut.

Seperti halnya kata Firda, di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, yang mayoritas nasrani. Di kabupaten tersebut, juga memiliki hotel yang telah menyediakan mushalla dan dapurnya telah tersertifikasi.

"Dengan adanya fasilitas untuk shalat di tempat penginapan (hotel) di daerah wisata, itukan sudah masuk kategori halal tourism. Toraja sendiri adalah daerah pariwisata yang memiliki budaya yang tak dimiliki daerah lainnya, sehingga Toraja menjadi perhatian wisatawan," ujarnya.

Dengan diadakannya fasilitas ibadah untuk muslim, tentu wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut, merasa mudah dalam melakukan perjalanan wisatanya.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved