Polisi Tugas di Samsat Juga Dikerahkan Amankan Pilpres di Sulsel

Para polisi yang keseharian bertugas di Samsat Makassar dan sekitarnya akan ditugasan selama tiga hari atau hingga hari pencoblosan pada 17 April 2019

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) RI dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, polisi yang bertugas di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar akan di BKO-kan (Bawah Kendali Operasi) di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

Para polisi yang keseharian bertugas di Samsat Makassar dan sekitarnya akan ditugasan selama tiga hari atau hingga hari pencoblosan pada 17 April 2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPTD Samsat Makassar yang juga perwakilan Pemprov Sulsel di Kantor Samsat Makassar, Harmin Hamid.

Ia mengatakan bahwa dengan adanya BKO pihak kepolisian ke daerah tentu akan mempengaruhi pelayanan di Samsat, khususnya identifikasi kendaraan.

Diketahui bahwa di Samsat terdapat tiga lembaga yang melakukan pelayanan pajak kendaraan bermotor, diantaranya Badan Pendapatan Daerah (Pemprov Sulsel), Ditlantas Polda Sulsel, dan Jasaraharja.

Menurutnya, di Samsat itu masing-masing telah memiliki tugas dan wewenang.

Seperti, kata Harmin, tugas aparat Bapenda Sulsel yang bertugas menerima pelayanan pembayaran pajak, sedangkan Polisi melakukan cek fisik kendaraan pengesahan, dan penomoran, serta Jasaraharja melakukan pelayanan administrasi asuransi kendaraan.

"Walaupun tidak berangkat semua tentu ada efek. Tapi kita Insya Allah optimal," kata Harmin via telepon, Jumat (5/4/2019) malam,.

Ia berharap terkait dengan rencana BKO ini, pihak Ditlantas Polda Sulsel mekukan koordinasi dengan jajaran Samsat agar tidak terjadi miss komunikasi.

Yang dikhawatirkan oleh Harmin adalah yang ada di pelayanan cek fisik kendaraan dan pencetakan plat kendaraan. Disektor ini ia akui harus ada petugas yang selalu siaga. Pasalnya tugas disektor ini dilakukan oleh Polki.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved