Pemkab Gowa Gagas Balla Lompoa Miliki Peran Edukatif

Hal itu disampaikan Muchlis dalam seminar bertema mengokohkan konsep revitalisasi kawasan Museum Balla Lompoa.

Pemkab Gowa Gagas Balla Lompoa Miliki Peran Edukatif
Foto Humas Pemkab Gowa
Pemkab Gowa menggelar Seminar Budaya terkait rencana revitalisasi kawasan museum Balla Lompoa 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis, mengatakan kawasan Museum Balla Lompoa akan digagas bukan hanya sebagai wisata sejarah. Tetapi juga akan digagas jadi pusat informasi perjalanan Kabupaten Gowa.

Hal itu disampaikan Muchlis dalam seminar bertema mengokohkan konsep revitalisasi kawasan Museum Balla Lompoa.

"Kita mau menjadikan kawasan yang bisa terintegrasi sebagai laskar budaya Gowa dan pusat informasi biografi perjalanan Kabupaten Gowa," kata Muchlis di Baruga Karaeng Galesong, Kamis (4/4/2019).

Muchlis juga berjanji akan mengupayakan tidak menghilangkan nilai-nilai sejarah Museum Balla Lompoa dalam revitalisasi ini. Pemkab Gowa, kata Muchlis akan menjadikan Museum Balla Lompoa sebagai tempat edukatif bagi generasi muda.

Selain itu, menurut Muchlis bangunan museum Balla Lompoa bisa terlihat hidup dan menceritakan proses perjalanan Balla Lompoa serta tidak meninggalkan konsep milineal dan kesakralannya.

Menurut Muchlis, Pemkab Gowa berharap semua informasi bisa didapatkan di Balla Lompoa. Kedua konsepnya juga tidak meninggalkan konsep milineal dan kesakralannya.

"Sejumlah ide dan gagasan yang hadir kita jadikan komitmen bersama bahwa Balla Lompoa menjadi warisan budaya yang akan kita jaga dan lestarikan," tandas Muchlis.

Sementara itu, panitia pelaksana yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, Sophian Hamdi mengatakan seminar yang telah dihelat bertujuan mengokohkan konsep revitalisasi Balla Lompoa secara teknis.

Pihaknya mengaku membuka ruang penyamaan persepsi antara masyarakat dan pemerintah untuk menjadi rekomendasi mengenai konsep revitalisasi.

Hasil saran dan rekomendasi, kata Sofyan, akan mengokohkan konsep secara final terkait revitalisasi Balla Lompoa.

"Kita telah menggelar seminar untuk memaparkan secara teknis konsep revitalisasi Balla Lompoa. Kita mengumpulkan masukan, saran dan akan difinalkan oleh konsultan, kemudian rencana revitalisasi akan dilaksanakan sesegera mungkin," tandas Sophian.

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved