April, Samsat Transfer Rp 38 Miliar ke Pemkot Parepare

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, Agus Salim mengatakan dana tersebut sudah berada di kas

April, Samsat Transfer Rp 38 Miliar ke Pemkot Parepare
mulyadi/tribunparepare.com
Plt Kepala BKD Parepare, Agus Salim 

TRIBUNPAREPARE.COM, BACUKIKI BARAT - Triwulan pertama Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Samsat Kota Parepare transfer puluhan miliar ke kas daerah, Kota Parepare.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, Agus Salim mengatakan dana tersebut sudah berada di kas daerah saat ini.

"Total yang sudah masuk di kas daerah dari PAD bagi hasil Samsat dari provinsi sebesar Rp 28 miliar lebih,"ungkap Agus yang juga merupakan pejabat eselon IIIB Pemkot Parepare ini.

Ia mengatakan, jumlah tersebut tidak semuanya berasal dari bagi hasil triwulan pertama 2019 melainkan sebagian dari triwulan keempat 2018.

"Sebagian juga berasal dari bagi hasil triwulan keempat tahun 2018 lalu,"terang dia.

Lebih lanjut, kata Agus, PAD bagi hasil dari provinsi ini berasal sejumlah sumber pajak diantaranya Pajak Kendaraan Bermotor, bea balik nama dan sejumlah jenis pajak lainnya.

Ia mengatakan, dana yang berasal dari Samsat inilah yang menjadi anggaran untuk sejumlah kegiatan rutin yang masuk dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

Salah satu item yang masuk dalam pajak yang dipungut Samsat ini yakni pajak penjualan bahan bakar umum.

"Jadi anda yang membeli bahan bakar di SPBU, maka didalamnya ada pajak yang masuk langsung ke daerah lewat bagi hasil dengan provinsi melalui UPTD Samsat. Semua berlaku di SPBU yang ada di Parepare,"ujarnya.

"Jika diluar Parepare anda membeli bahan bakar berarti pajaknya masuk ke daerah tersebut,"tambahnya.(adi)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @adibrencheck

Penulis: Mulyadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved