Simulasi Nyoblos Pemilu 2019, Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa Butuh 2 Menit

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan kegiatan simulasi pencoblosan pada pemilihan umum di BTN Gojeng Permai

Simulasi Nyoblos Pemilu 2019, Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa Butuh 2 Menit
Samsul Bahri
Kegiatan simulasi pencoblosan KPU Sinjai di BTN Gojeng, Rabu (3/4/2019). 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan kegiatan simulasi pencoblosan pada pemilihan umum di
BTN Gojeng Permai, di Lingkungan Batu Pake Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (3/4/2019).

Dalam simulasi, KPU memberikan kesempatan mencoblos Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa.

Ia mencoblos kertas suara calon presiden, kertas suara calon anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Seto menghabiskan waktu selama dua menit untuk mencoblos nama calon dalam kertas suara itu dengan menyelesaikan lima lembar kertas suara.

Dalam simulasi itu, Bupati Sinjai Seto, Ketua KPU Sinjai, Muh Naim dan Plt Inspektur Inspektorat Sinjai, Irwan Suaib, melakukan pencoblosan.

Dalam simulasi itu, Seto mengaku kesulitan dalam pencoblosan nantinya ada pada surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten dan kota.

Alasannya karena tidak adanya tanda gambar caleg, juga karena surat suara yang terbilang besar sedangkan ukuran bilik suara yang berukuran kecil termasuk cara melipat surat suara.

" Saya habiskan waktu dua menit dan saya hawatir nanti, jangan sampai masyarakat tidak membuka lebar kertas suaranya atau kalau dibuka kertasnya sobek, mana baru mau mencari calonnya yang tidak ada gambar, ini yang menjadi kesulitannya, ” kata Andi Seto usai mencoblos.

Sementara Ketua KPU Sinjai Muh Naim mengatakan bahwa dia menduganya warga rata-rata menghabiskan waktu lima menit untuk usia sekira 17-45 tahun.

Sedang bagi pemilih diatas 45 tahun memerlukan durasi 10 menit untuk mencoblos di lima surat suara baik Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten dan kota.

Halaman
12
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved