KPU Luwu Utara: Pengurusan Pindah Memilih Diperpanjang

Pengurusan pindah memilih diperpanjang pasca Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan nomor 20/2019, Kamis (28/3/2019) lalu.

KPU Luwu Utara: Pengurusan Pindah Memilih Diperpanjang
KPU Luwu Utara
Pengurusan pindah memilih diperpanjang pasca Mahkamah Konstitusi (MK). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pengurusan pindah memilih diperpanjang pasca Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan nomor 20/2019, Kamis (28/3/2019) lalu.

"Dalam putusan itu, masa mengurus dokumen pindah memilih (Form A.5/Daftar Pemilih Tambahan) diperpanjang hingga H-7," kata Komisioner KPU Luwu Utara Divisi Data dan Informasi, Supriadi Halim, Rabu (3/4/2019).

Perpanjangan pengurusan pindah memilih ini hanya berlaku bagi pemilih dengan keadaan tertentu.

Baca: KPU Luwu Utara Tetapkan DPTHP3, 456 Pemilih Tak Memenuhi Syarat

Baca: Polisi Amankan Seorang Sopir di Jeneponto, Diduga Transasksi Sabu

Baca: Baru 3 Parpol Serahkan Nama Saksi ke Bawaslu Luwu Utara

Yakni pemilih yang mengalami sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana, dan menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

"Sesuai SE 577 dari KPU RI yang merupakan tindaklanjut putusan MK bahwa perpanjangan permohonan A.5 hanya untuk pemilih yang mengalami sakit, tahanan lapas, korban bencana alam, dan tugas pada saat pemilihan," jelas supriadi.

Bagi pemilih yang memenuhi empat hal tersebut, dapat mengurus dokumen pindah memilih dengan prosedur yang sama seperti sebelumnya.

Ada tiga pilihan dalam mengurus di antaranya melalui PPS di desa/kelurahan asal sesuai alamat di e-KTP atau ke KPU kabupaten/kota asal.

Kemudian langsung ke KPU kabupaten/kota tujuan, sesuai domisili saat ini.

"Tentu dengan membawa e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP," tuturnya.

Dalam hal pelayanan pindah memilih, Form A.5 baru bisa diterbitkan jika pemilih yang ingin pindah memilih sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved