Netralitas Polri Dipertanyakan? Ini Kata Guru Besar Hukum Unibos Makassar

Netralitas Polri dalam Pilpres 2019 mulai dipertanyakan publik, setelah ada dugaan anggota Polri mendata pendukung

Netralitas Polri Dipertanyakan? Ini Kata Guru Besar Hukum Unibos Makassar
TRIBUN TIMUR/ABDUL AZIS
Prof Marwan Mas 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Netralitas Polisi Republik Indonesia (Polri) jelang 17 April dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) RI, mulai dipertanyakan.

Netralitas Polri dalam Pilpres 2019 mulai dipertanyakan publik, setelah ada dugaan anggota Polri dibeberapa daerah mendata pendukung dari masing-masing Capres.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Prof Marwan Mas mengaku, hal itu bisa menimbulkan dugaan dan kecurigaan dari masyarakat.

"Inilah yang timbulkan dugaan kecurigaan publik dengan mempertanyakan netralitas Polri dalam Pilpres 2019 ini," ungkap Prof Marwan kepada tribun, Selasa (2/4/2019).

Kata Marwan, untuk kepentingan apa Polri cari data pendukung masing-masing calon presiden (Capres) di tengah-tengah kondisi kontestasi yang semakin berdinamika ini.

Karena menurutnya, sebaiknya yang didata ialah kerawanan pada wilayah dan kondisi sosial masyarakat dalam penyelenggaraan Pilpres dan Pemilu legislatif yang aman.

Sebab, kalau anggota Polri yang secara langsung turun tangan mencari data dari masing-masing pendukung Capres, hal itu bisa saja mempengaruhi psikologi massa.

"Boleh jadi dengan cara wawancara, apa kondisi psikologis warga pemilih itu tidak terpengaruh. Masa ada anggota Polri cari data atau tanyai langsung," ujar Marwan.

Karena, setiap orang atau warga yang dijadikan sampel tentang siapa pasangan calon Presiden yang didukung. Ini sangat terhadap tekanan psikologis masyarakat.

Sebab, ada petahana yang ikut jadi salah satu pasangan Sapres. Maka itu, wajarlah polisi melaksanakan tugas konstitusional dimaksud dalam Pasal 30 (4) UUD 1945.

Halaman
12
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved