Muhammad Kusdianto Raih Gelar Koko Sulsel 2019, Begini Ceritanya

Keenam anak Sampara Tiong memiliki kepercayaan berbeda, dan ayah Kusdi memilih untuk memeluk Islam.

Muhammad Kusdianto Raih Gelar Koko Sulsel 2019, Begini Ceritanya
fahrizal/tribun-timur.com
Muhammad Kusdianto 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rasa syukur dan bangga tak mampu disembunyikan oleh Muhammad Kusdianto (21), Koko Sulawesi Selatan 2019.

Kusdi terpilih sebagai Koko Sulsel 2019 pada malam grand final pemilihan Koko Cici Sulawesi Selatan 2019, di Pipo Mall, Minggu (31/4/2019).

Kusdi adalah Muslim yang memiliki darah Tionghoa. Kakeknya bernama Sampara Tiong beragama Budha yang menikahi perempuan Muslim dan dikaruniai enam anak.

Keenam anak Sampara Tiong memiliki kepercayaan berbeda, dan ayah Kusdi memilih untuk memeluk Islam.

"Rasanya sangat bersyukur dan bangga, karena saya itu Muslim, dan ternyata bisa jadi Koko atau putra Tionghoa Sulsel. Pemilihan ini bukan hanya untuk non Muslim saja tapi Muslim juga bisa, tapi harus berlatar belakang keturunan Tionghoa," kata Kusdi kepada Tribun Timur, Senin (1/4/2019).

Meski merupakan seorang Muslim, namun Kusdi tetap bertekad untuk menjadi Koko Sulawesi Selatan 2019.

"Aku tahu info pemilihan ini dari Sosmed Instagram, lalu saya daftar, dan ikut audisi. Saya diwawancara silsilah keluarga Tionghoa saya hingga akhirnya terpilih jadi finalis," ungkap mahasiswa UNM ini.

Terpilihnya Kusdi sebagai Koko Sulsel 2019, membuatnya harus mempersiapkan diri untuk mewakili Sulsel di ajang pemilihan Koko Cici Indonesia 2020, yang rencananya akan digelar di Kota Makassar.

Kemampuan public speaking menjadi fokus utama Kusdi untuk ditingkatkan.

"Untuk persiapan ke ajang nasional, banyak yang harus saya lakukan, paling utama itu public speaking, kebetulan kemarin sudah dilatih, dan sebagai pemenang saya dapat gratis satu tahun kelas public speaking. Selain itu, saya akan perdalam pengetahuan umum dan kebidayaan Tionghoa," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved