Kenaikan Harga Kosmetik Penyebab Inflasi Sulsel Bulan Maret 2019

Penyebab utama inflasi yang terjadi di Sulsel pada Maret 2019 ini disebabkan oleh naiknya harga pada enam kelompok pengeluaran yang ditunjukan oleh na

Kenaikan Harga Kosmetik Penyebab Inflasi Sulsel Bulan Maret 2019
alfian/tribun-timur.com
Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah, saat pres rilis data BPS Sulsel, Senin (1/4/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan adanya inflasi yang terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan di bulan Maret 2019 ini.

Inflasi bahkan mengalami peningkatan dan pada Maret ini sebesar 0,22 persen.

Laju inflasi terhitung sejak Januari hingga Maret mengalami kenaikan sebesar 0,56 persen.

Penyebab utama inflasi yang terjadi di Sulsel pada Maret 2019 ini disebabkan oleh naiknya harga pada enam kelompok pengeluaran yang ditunjukan oleh naiknya indeks harga konsumen (IHK).

Meliputi kelompok kesehatan sebagai penyumbang tersebut dengan angka 0,83 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 0,75 persen dan kelompok sandang 0,50 persen.

Kemudian kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,33 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,10 persen.

Serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,10 persen.

Menariknya kelompok kesehatan yang menjadi penyumbang terbesar terjadinya inflasi di Sulsel diakibatkan oleh naiknya harga barang kesehatan maupun kosmetik.

"Di angka 0,83 akibat kelompok kesehatan yang menyumbang inflasi, 1,16 persen kisarannya lantaran perawatan jasmani dan kosmetika mengalami peningkatan harga," ungkap Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah, saat Pers rilis data BPS Sulsel, Senin (1/4/2019).

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @piyann__

Penulis: Alfian
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved