Antisipasi Penyakit Menular, Pemkot Parepare Gelar Kesiapsiagaan Darurat Bencana

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu tanggal 31 maret sampai dengan tanggal 2 April 2019, di Hotel Kenari

Antisipasi Penyakit Menular, Pemkot Parepare Gelar Kesiapsiagaan Darurat Bencana
mulyadi/tribunparepare.com
Wakil Wali Kota Parepare buka kegiatan Table To Exercise/Simulasi KKM Pemkot Parepare 

TRIBUNPAREPARE.COM, BACUKIKI BARAT - Antipasi penyakit menular, Pemerintah Kota Parepare menggelar kegiatan Table Top Exercise.

Table Top Exercise merupakan kegiatan latihan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk kesiapsiaagan menghadapi bencana terkait kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu tanggal 31 maret sampai dengan tanggal 2 April 2019, di Hotel Kenari.

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim yang membuka kegiatan ini, menyampaikan, setelah kegiatan ini diharapkan para peserta dalam upaya menanggulangi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM).

Dengan begitu, kata Pangerang, Parepare akan siap menangani jika terjadi kasus penyakit menular."Bisa ditangani cepat sehingga eskalasi penyakit tidak menular,"terang politisi senior Golkar Parepare ini.

Pangerang mengatakan, Parepare merupakan kota niaga dan jasa yang setiap harinya bukan hanya warga setempat tetapi banyak warga luar yang datang beraktivitas.

"Jadi faktor ini bisa menjadi salah satu pemicu juga masuknya berbagai penyakit menular, makanya butuh antisipasi,"tambah dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Parepare, Sriyanti Ambar menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan Table Top Exercise ini adalah, memberikan pengetahuan kepada peserta agar terjadi pemahaman yang sama tentang pentingnya dokumen rencana kebijakan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM).

“Selain itu, juga mengidentifikasi peran dan sumber daya, proses pendataan dan penyebaran informasi, sehingga siap pada saat dibutuhkan dan menentukan kebutuhan,"katanya.

"Dalam kegiatan ini juga, dilakukan simulasi lapangan sesuai skenario dalam dokumen rencana kontijensi dalam rangka kesiapsiagaan KKM,”jelasnya.(adi)

Laporan Wartawan Tribun Timur,@adibrencheck

Penulis: Mulyadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved