Disdukcapil Bulukumba 'Door to Door' Distribusi e-KTP

Hal tersebut dinilai lebih efektif dan akurat. Pasalnya, dengan cara turun langsung, Disdukcapil dapat mengetahui kondisi di lapangan.

Disdukcapil Bulukumba 'Door to Door' Distribusi e-KTP
firki/tribunbulukumba.com
Disdukcapil Bulukumba, saat melakukan 'jemput bola' untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Setelah melakukan 'jemput bola' untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, lakukan distribusi e-KTP dengan cara 'door to door' atau dari pintu ke pintu.

Hal tersebut dinilai lebih efektif dan akurat. Pasalnya, dengan cara turun langsung, Disdukcapil dapat mengetahui kondisi di lapangan.

Seperti misalnya pemilik e-KTP yang sudah meninggal, maupun yang sedang merantau ke luar daerah atau luar negeri.

"Kita lakukan ini di 10 kecamatan. Dan ternyata ini efektif. Beberapa e-KTP yang kembali itu jelas, seperti pemilik yang sudah meninggal. Jadi kita pastikan e-KTP betul-betul sampai ke pemiliknya," ujar Kabid Pelayanan Disdukcapil Bulukumba, Andi Afriadi, Senin (1/4/2019).

Dalam penerapannya, pihak Disdukcapil Bulukumba menginformasikan terlebih dahulu ke kepala desa (Kades), sehari sebelum distribusi dilakukan.

Tujuannya, agar kades dapat menyampaikan kepada warga yang masuk dalam daftar penerima e-KTP, sesuai draf yang diserahkan Disdukcapil.

Keesokan harinya, warga diminta datang mengambil e-KTP ke kantor desa masing-masing.

Jika hingga siang, warga tak kunjung mengambil e-KTP yang ada dalam daftar, maka Disdukcapil Bulukumba langsung melakukan pengantaran.

Hingga saat ini, lanjut Afriadi, tersisa dua kecamatan yang e-KTP-nya belum didistribusi. Yakni Kecamatan Ujung Bulu dan Ujung Loe.

"Kecamatan Bontobahari dan Kajang kita tunggu hasilnya hari ini. Karena tim hari ini sudah turun melakukan distribusi," pungkasnya. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @arisandifirki

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved