Derasnya Ekspor Komoditas Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya peningkatan produksi dan mendorong ekspor.

Derasnya Ekspor Komoditas Pertanian
Kementerian RI
Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya peningkatan produksi dan mendorong ekspor. Salah satu strateginya adalah mentransformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern. 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR,- Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya peningkatan produksi dan mendorong ekspor.

Salah satu strateginya adalah mentransformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern.

Selain itu, Kementan juga mendorong generasi muda agar mau terjun langsung baik sektor peternakan maupun pertanian.

Selama empat tahun terakhir, Kementerian yang dipimpin Andi Amran Sulaiman ini berhasil melampau capaian-capian yang ditetapkan.

Salah satunya adalah meningkatnya produksi lokal, sehingga Indonesia mampu mengekspornya ke luar negeri.

Di Kabupaten Merauke misalnya, minggu inibpemerintah setempat mampu meningkatkan ekspor non Migas terutama berbagai komoditas pertanian yang potensial, seperti 12 ton beras yang dilepas menuju Papua New Guinea (PNG).

Wakil Bupati Merauke Sularso, yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Kabupaten Merauke sendiri memiliki banyak potensi di bidang non migas terutama komoditas pertanian.

"Sudah saatnya Merauke yang subur makmur benar-benar dioptimalkan untuk kesejahteraan bersama," kata Wabup di Halaman Kantor Karantina Pertanian Kelas Satu Merauke, Sabtu (30/3).

Sementara itu, Kepala Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian (Barantan), Aryanto yang mewakili Kepala Barantan Kementan menegaskan bahwa Merauke adalah salah satu lumbung padi terbesar di tanah Cenderawasih.

Menurut dia, peningkatan produksi ini terjadi dari tahun ke tahun, terutama pada tahun 2017 hingga 2019.

Halaman
1234
Penulis: Hasan Basri
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved