KPU Majene Minta KPPS Berikan Akses Mudah Untuk Pemilih Disabilitas

KPU Majene melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap kelurahan dan desa saat ini telah merekrut KPPS.

KPU Majene Minta KPPS Berikan Akses Mudah Untuk Pemilih Disabilitas
TRIBUN TIMUR/EDYATMA JAWI
Simulasi yang diselenggarakan KPU Majene di Kelurahan Baruga, Kecamatan Banggae Timur, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE -- Pemilu serentak 2019 tinggal menghitung hari. Tak kurang 20 hari lagi menuju pelaksanaan pemilihan, 17 April.

KPU di seluruh provinsi, kabupaten dan kota tengah mempersiapkan segala sesuatu menyambut pesta demokrasi tersebut. Mereka harus bersiap untuk menyukseskan pemungutan dan penghitungan suara.

Begitu pun halnya di Majene. KPU Majene melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap kelurahan dan desa saat ini telah merekrut Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara KPPS.

Baca: Sudah Tiga Tahun Jalan di Kampung Kamara Barru Rusak

Baca: Kabid Humas Polda Sulsel Ajak Personel Polres Jeneponto Bijak Bermedia Sosial

Baca: Suami Siti Zulaeha Beberkan Kebohongan Dosen UNM Wahyu Jayadi, Lantas Apa Penyebab Istrinya

KPPS tersebut yang nantinya akan menjadi pelaksana utama pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pekan depan rencananya, KPPS akan mulai mengikuti bimbingan teknis. Mereka akan diberikan pemahaman terkait teknis, mekanisme dan prosedur saat di TPS.

Komisioner KPU Majene, Munawir berharap KPPS nantinya lebih memperhatikan pemilih disabilitas. Mereka harus diberikan akses yang baik untuk menyalurkan suaranya.

"Kita harus memberikan aksesbilitas yang baik agar mereka menyalurkan hak pilihnya secara baik di TPS," ujar Munawir, Kamis (28/3/2019).

Hal paling penting diperhatikan yakni penempatan posisi TPS. Lokasinya harus mudah dijangkau oleh pemilih yang memiliki keterbatasan.

"KPPS harus mendesain dimana tempat atau lokasi TPS itu agar muda diakses oleh pemilih disabilitas," jelas Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Majene itu. (Tribun Majene.com)

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: edyatma jawi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved