Buka PIR Regional Sulsel, Wakil Bupati Bulukumba Harap Pemuda Tak Jadi Penambah Masalah

Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali digelar di Kabupaten bulukumba.

Buka PIR Regional Sulsel, Wakil Bupati Bulukumba Harap Pemuda Tak Jadi Penambah Masalah
TRIBUN TIMUR/FIKRI ARISANDI
Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, saat membuka kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Sulawesi Selatan (Sulsel), di ruangan Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (26/3/2019). 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali digelar di Kabupaten bulukumba.

Event bagi kalangan generasi muda ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga bulukumba yang bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta.

Kegiatannya bakal dilaksanakn selama lima hari mulai tanggal 25-29 Maret 2019 yang berlangsung di ruang Pola Kantor Bupati dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bulukumba, serta lokasi penelitian di Kecamatan Kajang.

Baca: Terasi, Oleh-Oleh Wajib Jika ke Selayar

Baca: Polres Jeneponto Amankan Motor Curian Hariadi di Sulawesi Tenggara

Baca: Pelaku Curanmor Asal Luwu Utara Diamankan Polres Tana Toraja di Rantepao

Menurut Ketua Panitia Surisman, PIR merupakan kegiatan penelitian yang mencakup bidang ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan kebudayaan dan teknologi tepat guna.

PIR merupakan gerbang dalam rangka mewujudkan generasi emas Indonesia tahun 2045, khususnya generasi muda Kabupaten Bulukumba.

Lebih lanjut Surisman menyampaikan, pihaknya juga telah mengundang peserta dari kabupaten/kota lain di Sulsel, dan sampai saat ini jumlah peserta sudah mencapai 171, yang berasal dari tingkat SMP dan SMA.

“Peserta dari Bulukumba sebanyak 150 siswa, sisanya berasal dari Kabupaten Wajo, Maros dan Sinjai,” ujar Surisman saat pembukaan PIR Regional Sulawesi Selatan di ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (26/3/2019)

Bagi pemenang lomba untuk setiap kategori, kata Surisman akan mendapat kesempatan mengikuti PIR tingkat Nasional di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, Juli 2019 mendatang.

Wakil Bupati (Wabup) Tomy Satria Yulianto, mengatakan, seharusnya generasi muda sekarang harus didorong sebagai problem solver, bukan individu atau pihak yang menambah masalah.

Selain itu, output yang diharapkan dari PIR ini adalah bagaimana para generasi millenial dan Z saat ini bisa resisten terhadap informasi-informasi yang tidak berdasar, tidak mudah terpengaruh dengan informasi hoax.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved