Wahdah Islamiyah Gowa Bekali Kader di Kecamatan Ilmu Jurnalistik

Ketua Departemen Informasi Komunikasi & Humas DPD Wahdah Islamiyah Gowa, Zulkifli R mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja

Wahdah Islamiyah Gowa Bekali Kader di Kecamatan Ilmu Jurnalistik
fadly/tribun-timur.com
Suasana Pelatihan Jurnalistik yang digelar Departemen Informasi Komunikasi dan Humas DPD Wahdah Islamiyah Gowa di ruang rapat Planet Beckham, Sungguminasa, Ahad (24/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Departemen Informasi Komunikasi dan Humas DPD Wahdah Islamiyah Gowa menggelar Pelatihan Jurnalistik di ruang rapat Planet Beckham, Sungguminasa, Ahad (24/3/2019).

Hadir 21 perwakilan pengurus DPC Wahdah Islamiyah dan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di Gowa.

Ketua Departemen Informasi Komunikasi & Humas DPD Wahdah Islamiyah Gowa, Zulkifli R mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari departemennya di 2019.

"Saya berharap setiap DPC-LDK mampu membuat berita dan laporan kegiatan berdasarkan kaidah jurnalistik," kata Zulkifli dalam sambutannya.

Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung selama empat jam ini, menghadirkan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadli Ali.

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik. Mulai dari pengertian dan jenis media, pengertian berita, perbedaan fakta dan data, delapan konsep berita, jenis berita dan nilai berita.

"Pembuatan judul berita, harus menarik sehingga memberikan rasa ingin tahu pembaca. Kesalahan ejaan dan singkatan perlu diperhatikan," kata Fadhly.

Selain itu, ia menceritakan pengalamannya saat bekerja di Tribun Timur.

"Jadi jurnalis itu tidak mudah. Dalam sehari, saya menghadiri lima kegiatan sekaligus yang membutuhkan ketepatan waktu," kata Fadhly.

Di akhir pelatihan, peserta ditugaskan untuk menuliskan berita terkait pelatihan sesuai kaidah jurnalistik.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved