Perangi Sampah Plastik, Bupati Gowa Beli 2 Ribu Tumbler

Pemesanan 2 ribu thumbler ini untuk menindaklanjuti edaran yang sebelumnya dikeluarkan mengenai ajakan kampanye penggunaan tumbler.

Perangi Sampah Plastik, Bupati Gowa Beli 2 Ribu Tumbler
Humas Pemkab Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memimpin Aksi Peduli Sampah di Kawasan Hutan Pinus Malino, Kabupaten Gowa, Senin (4/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan terus menggalakkan penggunaan botol air minum tumbler untuk memerangi sampah plastik di Kabupaten Gowa.

Adnan menggelorakan penggunaan botol thumbler ini ditandai dengan pemesanan 2 ribu tumbler untuk pejabat lingkup Pemkab Gowa. Mulai dari eselon II, eselon III, serta eselon IV.

Pemesanan 2 ribu thumbler ini untuk menindaklanjuti edaran yang sebelumnya dikeluarkan mengenai ajakan kampanye penggunaan tumbler.

"Kampanye perang sampah plastik kita mulai dari jajaran pemerintahan. Oleh karena itu kita harus jadi contoh masyarakat," kata Adnan, Minggu (24/3/2019).

Selain itu, penggunaan air minum kemasan dalam kegiatan Pemkab Gowa juga akan dihilangkan. Begitu pun dalam penjamuan tamu di lingkup Pemkab Gowa.

Pemkab Gowa, kata Adnan akan menyediakan dispenser serta memesan gelas besi maupun gelas lainnya sebagai pengganti air minun kemasan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Gowa, Muchlis, turut mengimbau pengurangan pemakaian botol maupun gelas plastik secara berlebihan kepada seluruh kalangan masyarakat.

Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak ditemukan di berbagai lokasi termasuk di sekolah, perkantoran, rumah makan, tempat wisata, dan lain-lain.

Muchlis mengatakan, pihaknya sudah meminta untuk di tingkat kabupaten bagi seluruh ASN dan pimpinan SKPD bila datang berkantor, tidak membawa minuman mineral kemasan botol atau gelas plastik.

"Kami sudah menggunakan tumbler yang setiap saat bisa diisi ulang di rumah masing-masing," kata Muchlis

Muhlis berharap dengan kehadiran tumbler sebagai solusi mengurangi sampah plastik bisa maksimal. Selain itu juga menghemat keuangan masyarakat karena tidak perlu lagi membeli minuman mineral.

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved