Mau Tidur Kamu Lebih Berkualitas? Jangan Sepelekan 5 Hal Ini

Sains pun mendukung bahwa tidur yang berkualitas akan memberikan dampak positif bagi tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

Mau Tidur Kamu Lebih Berkualitas? Jangan Sepelekan 5 Hal Ini
mnn.com

TRIBUN-TIMUR.COM - Bagi sebagian orang, mungkin termasuk Anda, tidur menjadi salah satu aktivitas paling dinantikan.

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, atau sepekan penuh menjalani pekerjaan rutin, tidur merupakan satu-satunya kegiatan yang dibutuhkan untuk melepas semua penat.

Rata-rata orang akan menghabiskan sepertiga kehidupannya untuk tidur. Hal ini terjadi bila Anda termasuk ke dalam golongan orang yang ketat dengan aturan tidur minimal 8 jam.

Sains pun mendukung bahwa tidur yang berkualitas akan memberikan dampak positif bagi tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga ingatan, dan menstabilkan tekanan darah.

Baca: Intip Yuk 5 Desain Unik Meja Kopi Ini, Dijamin Betah Ngopi Lama-lama

Baca: Tas dan Sepatu Wanita Diskon 50 Persen di EVB Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar

Namun, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas diperlukan banyak faktor. Salah satunya kamar tidur yang nyaman. Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas?

1. Buatlah zona tanpa teknologi
Tidak peduli apakah sedang ada tayangan favorit Anda di internet, hindari penggunaan gadget di atas kasur. Bahkan, banyak ahli menyarankan, matikan semua perangkat teknologi minimal satu jam sebelum Anda menyentuh kasur.

Laptop dan ponsel pintar memancarkan cahaya biru, yang membantu menjaga ritme circadian Anda. Semakin banyak paparan cahaya yang diterima, terutama saat malam hari, akan menyebabkan Anda semakin sulit untuk tidur.

2. Jagalah ruangan tetap sejuk dan gelap
Suhu dingin dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Sebab, suhu tubuh yang hangat, akan membuat Anda mengerahkan lebih banyak energi.

Baca: Mega Travel Fair (MTF) 2019, Umrah Super Hemat Rp 23,8 Juta

Baca: TRIBUNWIKI: Jadi Wanita Tercantik se-Asia, Ini Profil Lisa Blackpink, Ternyata Bukan Orang Korea

Cara lain yang cukup mudah yakni membuat ruangan menjadi gelap. Pasalnya, nukleus suprachiasmatic yang terdapat pada jaringan hipotalamus Anda bertugas mengontrol jam internal Anda.

Ketika ia mendeteksi adanya cahaya, melatonin yang tertunda akan dilepaskan. Zat ini menghasilkan kortisol yang mengawali proses bangun tidur.

Halaman
12
Editor: Hasriyani Latif
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved