Apel Gelar Pasukan, Kapolres Luwu Imbau TNI-Polri Solid Amankan Pemilu

Dwi Santoso menegaskan, strategi pengamanan yang paling utama dalam pelaksanaan pemilu adalah menjalin sinergitas dengan pihak-pihak terkait.

Penulis: Desy Arsyad | Editor: Hasrul
Apel Gelar Pasukan, Kapolres Luwu Imbau TNI-Polri Solid Amankan Pemilu
HANDOVER
Suasana apel gelar pasukan di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jl Jenderal Sudirman, Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kecamatan Belopa, Jumat (22/3/2019).

TRIBUN-LUWU.COM, BELOPA - Kapolisian Resor (Polres) Luwu menggelar apel gelar pasukan operasi Mantap Brata 2019 pengamanan dan penyelenggara Pemilu.

Apel ini berlangsung di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jl Jenderal Sudirman, Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kecamatan Belopa, Jumat (22/3/2019).

Apel akbar ini diikuti personel gabungan TNI-Polri bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, seperti Pemadam Kebakaran, BPBD dan Linmas.

Baca: Pemkab Luwu Utara Bentuk Tim Pemantau Pemilu di Seluruh Kecamatan

Baca: Tiga Hal Ini Dilakukan Wabup Luwu Saat Pantau Pasar Sentral Belopa

Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso bertindak sebagai inspektur upacara pada apel ini membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam), Wiranto.

Dalam arahannya, TNI-Polri harus siap menjaga keamanan Pemilu serentak 2019.

Ia juga meminta, TNI-Polri harus solid bekerja sama dan bersinergi untuk menyukseskan Pemilu serentak 2019.

"Kita memiliki tanggungjawab besar kontestasi proses demokrasi yang harus dilakukan dalam sudut pengamanan. Untuk itu Polri dan TNI dua unsur yang tidak punya hak politik tumpuan masyarakat untuk menciptakan demokrasi sehat, kompetitif, dan aman," kata Dwi Santoso.

Dwi Santoso menegaskan, strategi pengamanan yang paling utama dalam pelaksanaan pemilu adalah menjalin sinergitas dengan pihak-pihak terkait.

"Strategi kita paling utama semua unsur dalam pelaksanaan pemilu harus sinergi baik KPU, Bawaslu kontestan, partai politik, masa pendukung, media massa, tokoh-tokoh masyarakat harus kompak," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dwi Santoso juga meminta kepada jajaran Polri untuk mengedepankan langkah-langkah proaktif dan preventif dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

"Netralitas dan kemudian bila peristiwa lakukan tindakan secara proporsional tidak berlebihan yang justru kontraproduktif," tegasnya.

Apel ini dihadiri juga oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang dan Ketua DPRD Luwu, Andi Abdul Muharrir, dan Perwira Penghubung Kodim 1403 Sawerigading, Mayor Arm Safaruddin.(*)

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, @desy_arsyad

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Baca: Pengumuman SNMPTN 2019 via snmptn.ac.id, Ini Link Unsri, UI, IPB, ITB, Undip, UGM, ITS, Unair, Unhas

Baca: Evi Masamba Hapus Foto-foto Suami di Instagram, Benarkah Rumah Tangganya Retak? Ini Buktinya

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved